15. Ciptakan lingkungan yang nyaman saat melahirkan
Dalam proses persalinan hormone yang paling berperan adalah Oksitosin. Nah hormone oksitosin ini akan memuncak apabila Anda berada dalam lingkungan yang hangat, tenang, nyaman dan tidak membuat Anda merasa terintimidasi.
Pelajari lagi tentang hormone oksitosin disini:
➢ https://www.bidankita.com/oksitosin-the-love-hormone/
➢ https://www.bidankita.com/oksitosin-si-hormon-cinta-yang-dapat-membuat-persalinan-dan-menyusui-menjadi-mudah/
➢ https://www.bidankita.com/tentang-si-hormon-cinta/

16. Tetaplah aktif selama proses persalinan
Ini sangatlah penting….untuk membantu optimalisasi posisi janin sehingga proses persalinan lebih nyaman dan lancar
17. Hindari penggunaan epidural yang terlalu dini
Karena ini justru akan membuat resiko SC semakin tinggi karena otomatis Anda akan menghabiskan banyak waktu di tempat tidur
18. Berdayakan diri Anda sejak masa kehamilan
Memberdayakan diri berarti mengupayakan baik body, mind maupun soul untuk melahirkan secara normal alami.
Mari mengambil langkah kecil menuju langkah yang lebih besar!
➢ Upayakan ukuran bayi Anda cukup dan tidak berlebihan dengan menghambat asupan protein hewani, produk susu, karbohidrat dan permen/gula yang berlebihan.
➢ Makanlah makanan organik bila memungkinkan, untuk menghindari hormon pertumbuhan.
➢ Jangan pasif Malpositioning merupakan area dimana pencegahan adalah kunci maka Anda harus memahami tentang OPTIMALISASI POSISI JANIN
➢ Deteksi dini dan koreksi presentasi sungsang, posisi janin yang posterior atau persisten yang mana ini membutuhkan pemeriksaan visual, profil fundus laporan ibu mengenai lokasi gerakan janin paling menonjol, palpasi yang menyeluruh, dan verifikasi posisi lokasi yang dicurigai melalui nada jantung, kadang-kadang ditambah dengan pemeriksaan vagina jika Anda tidak benar-benar yakin. Intinya ketahuilah posisi janin sejak dini saat kehamilan sehingga ketika terjadia kelainan maka Anda mempunyai cukup waktu untuk berkonsultasi dan melakukan reposisi bersama bidan datau dokter yang kompeten ⇒ disini pentingnya pengetahuan tentang BELLY MAPPING saat masa kehamilan.
➢ Ayo MEMBACA! Selama masa kehamilan pengetahuan itu sangatlah penting. Banyak sekali blog, website, dan grup di social media yang berbagi tentang kehamilan dan persalinan yang sehat. Berdayakan diri anda untuk belajar dan belajar lahgi karena ini sangat penting. PENGETAHUAN ADALAH KUNCI untuk mendapatkan pengalaman yang positif dalam kehamilan dan persalinan.
➢ Nutrisi adalah kunci untuk kesehatan bayi, kehamilan dan kelahiran. Setiap dari berbagai sumber makanan alami. Makan 80-100 gram protein per hari. Pastikan Anda mendapatkan cukup karbohidrat juga, atau protein akan digunakan sebagai bahan bakar. Jangan menghindari garam. Sel bermandikan garam dan Anda sedang membangun jutaan sel-sel baru terus-menerus. Anda dapat menghindari komplikasi terburuk dengan makan cukup protein dan pengasinan makanan secukupnya. Anda akan menghindari preeklamsia atau toksemia, prematuritas, retardasi pertumbuhan intrauterin, bayi berat lahir rendah, dan abrupsi plasenta. Kesehatan yang baik Anda akan mencegah pendarahan dan persalinan yang lama.
Nah semoga bermanfaat
Salam Hangat
Bidan Kita
Referensi
➢ Delivery Method Drives Rehospitalization Rates. American Journal of Nursing 100 (8): p. 20. (August 2000). News item reprint from Lydon-Rochell M., et al. JAMA 2000; 283 (18): 2411–16.
➢ Wagner, M. (1994). Pursuing the Birth Machine: The Search for Appropriate Birth Technology. Sydney and London: ACE Graphics.
➢ Wagner, M. (2000). Risks of cesarean section. Handout, global birthing class. Midwifery Today New York City International Conference.