Oksitosin juga bermanfaat untuk kesehatan lainnya. Hal ini diyakini bahwa pelepasan oksitosin dapat membantu untuk menghindari munculnya potensi gangguan stress pasca trauma (PTSD) dan memungkinkan kita untuk mengubah pengalaman yang berpotensi sangat traumatis dan stres menjadi perasaan kebahagiaan yang mendalam dan cinta. Melahirkan adalah contoh yang baik. Tanpa efek oksitosin, banyak wanita bisa terkena risiko PTSD Sebaliknya, oksitosin memungkinkan kebanyakan wanita untuk merefleksikan proses melahirkan dengan perasaan mendalam yang tenang dan sukacita daripada membangkitkan kembali memori tentang rasa sakit dan trauma yang dialaminya. Hasilnya adalah bahwa banyak wanita merasa mampu akan melalui proses melahirkan lagi, dan ini menjadi kabar baik bagi kelangsungan hidup spesies kita!

Dengan mengatur pola tidur dan membuat kita merasa lebih tenang dan lebih terkontrol, tampak oksitosin mampu menangkal beberapa efek stres dan kerusakan yang dapat disebabkan oleh hormon kortisol atau hormon stres. Mengingat bahwa hampir setiap penyakit dan kondisi diperburuk oleh stres, maka dengan menurunkan stres dapat memiliki dampak besar pada kesehatan kita secara keseluruhan Bukti nyata adalah bahwa orang yang menikah hidup lebih lama daripada orang tunggal atau tidak menikah dan orang yang mempunyai hewan peliharaan sering pulih lebih cepat dar penyakit yang dideritanya daripada mereka yang tidak memiliki hewan peliharaan – dan efek oksitosin tampaknya menjadi alasan mengapa itu semua terjadi.

SONY DSC

Oksitosin dan proses persalinan

Seperti kita ketahui sebelumnya dalam proses persalinan seorang ibu mutlak memerlukan dan membutuhkan oksitosin. Karena fungsi oksitosin dalam persalinan itu sendiri antara lain:

– Merangsang dan Meningkatkan kontraksi

– Mencegah perdarahan

– Meningkatkan ikatan batin antara ibu dan bayinya

Nah apabila kadar okeitosin dalam tubuh ibu menurun maka yang terjadi adalah:

– Menyebabkan kontraksi melambat atau bahkan terhenti dan hal ini bisa memperlama proses persalinan.

– Mengakibatkan perdarahan yang berlebihan di lokasi perlekatan plasenta setelah melahirkan

– Merangsang dokter atau bidan untuk menanggapi masalah ini dengan memberikan intervensi yang sebenarnya tidak perlu apabila kadar oksitosin tinggi

Karena oksitosin adalah hormone cinta yang artinya hormone ini naik dan turunnya produksi nya sangat dipengaruhi oleh kondisi emosional, maka demikian juga pada saat proses persalinan. Seringkali kita tidak menyadari hal ini. Lalu apa saja yang bisa meningkatkan atau bahkan menurunkan kadar atau level oksitosin dalam tubuh ibu yang bersalin?

SONY DSC

Meningkatkan Hormon Oksitosin:

– Rangsangan putting susu