Plasenta previa mungkin menunjukkan beberapa gejala selama trimester pertama atau bisa sepenuhnya asimtomatik, yang ditemukan hanya pada trimester ketiga, setelah ultrasound. Beberapa gejala dasar plasenta rendah mungkin-timbulnya bercak selama tiga bulan pertama, nyeri di daerah perut bagian bawah dan demam ringan dalam beberapa kasus.

Namun Gejala utama plasenta previa adalah terjadinya perdarahan di vagina tanpa rasa sakit. Perdarahan dapat dimulai paling dini di minggu 24 sampai 26, meskipun lebih sering terjadi selama 4 atau 5 minggu terakhir. Ini terjadi mungkin akibat dari bagian bawah rahim yang meregang dan berdilatasi selama kehamilan di minggu-minggu terakhir.

Hal ini menyebabkan perdarahan dalam jumlah yang bervariasi, mulai dari yang ringan sampai berlimpah. Darah biasanya berwarna merah cerah, yang menunjukkan perdarahan segar. Dan ini tidak berhubungan dengan cedera sebelumnya, seperti jatuh.

Nah ketika Anda mendapati tanda atau gejala di atas ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk di lakukan USG untuk menilai letak plasenta. Setelah plasenta previa telah didiagnosis, derajat perdarahan vagina biasanya digunakan untuk menentukan jenis pengobatan, baik tertunda atau aktif.

Jika pendarahan vagina sedikit, pengobatan sementara umumnya dipilih karena memungkinkan waktu janin cukup matang untuk bertahan hidup di luar tubuh ibu. Pengobatan ini adalah dengan merawat ibu di rumah sakit, menganjurkan untuk beristirahat di tempat tidur (bedrest), dan mengawasi secara ketat akan perdarahan ulang.

Namun Ketika saatnya untuk melahirkan bayi (bayi sudah matang/mature), maka SC akan dilakukan. Jika pendarahan vagina berat, dapat menyebabkan kehilangan darah yang parah dari ibu. maka ini memerlukan pengobatan aktif untuk menyelamatkan nyawa ibu dan bayi, bahkan jika bayi lahir prematur. Maka SC akan dilakukan segera jika perdarahan vagina dari plasenta previa berat.

Alternatif terapi untuk mengobati plasenta previa

Sebelum membaca lebih lanjut tentang terapi alternatif untuk plasenta previa silahkan Anda membaca link berikut ini:

https://www.bidankita.com/joomla-license/natural-childbirth/373-meminta-pertolongan-si-plasenta-previa

Plasenta letak rendah umumnya rendah menjadi baik-baik saja secara sendiri. Berikut adalah beberapa cara di mana Anda dapat membantu diri Anda sendiri.untuk merangsang supaya plasenta mau dan bisa bergeser ke atas:

Metode pertama dan yang paling umum untuk mengobati plasenta rendah /previa adalah istirahat. Dokter di seluruh dunia menganjurkan istirahat total untuk wanita hamil yang menderita plasenta previa. Jika ada perdarahan disarankan untuk menempatkan dua bantal di bawah kaki ,lutut dan pinggang. Dokter juga menyarankan untuk membatasi gerakan mereka untuk minimum, bangun hanya untuk makan dan pergi ke toilet.