Hitunglah setiap rentetan gerakan janin sebagai satu hitungan. Contoh, ketika jam 6 bayi menendang-nendang selama 3 kali, jangan di hitung 3, tapi di anggap sebagai satu gerakan saat jam itu. Kemudian jam 7 misal bayi menggeliat selama 10 kali, hitung hal tersebut sebagai gerakan ke dua, jam 08:15 menendang 5 kali, hitung sebagai gerakan ketiga dan seterusnya. Jadi yang dihitung bukan total setiap gerakan bayi, tapi setiap rentetan gerakan antara jeda yang satu dengan jeda lainnya, dan hal ini dihitung selama 12 jam. Namun jika, sebelum 12 jam ibu sudah meraskan 10 gerakan, maka hentikan perhitungan, hal ini menandakan bayi sehat

Cara Mengukur Metode Sardovsky (Four in One Hour)

Teknik ini dilakukan dengan cara memiringkan tubuh ibu ke kiri selama 1 jam. Selama 1 jam tersebut, ibu harus merasakan adanya gerakan minimal 4 kali gerakan, jika kurang dari 1 jam ibu sudah merasakan 4 gerakan bayi, maka perhitungan di hentikan, menandakan bayi sehat. Jika blm ada gerakan, coba minum syrup atau air manis,kemudian hitung lagi.

7. Amati tanda-tanda persalinan.

Bagi beberapa wanita mengamati tanda-tanda persalinan akan membawa kenyamanan namun ada pula yang justru menjadi merasa mengecewakan. Nikmati kontraksi Braxton Hicks yang semakin meningkat, perasaan sakit panggul, sakit punggung, dan cairan vagina meningkat semua tanda-tanda awal (pre labor) yang patut di syukuri. Gejala awal persalinan dapat mulai minggu sebelum persalinan, tapi semua tanda-tanda yang meyakinkan bahwa tubuh Anda memang bersiap-siap untuk melahirkan jadi TRUST YOUR BODY, She will do the best!

8. Tetap sibuk.

Menjaga tetap sibuk akan membantu menjaga pikiran Anda dari hal-hal buruk dan kecemasan. Berikut adalah beberapa saran untuk menjaga diri sibuk. Berfoto-foto (buat foto kehamilan) dan Anda bisa hubungi rekan saya yang sangat bagus hasil fotonya di : https://www.facebook.com/pages/The-Photoworks/207402169280604?ref=ts&fref=ts membuat gambar seperti tatto non permanen atau melukis perut Anda untuk memperingati kehamilan Anda. Mulai mempersiapkan album untuk bayi Anda. Anda dapat menyertakan kenang-kenangan dari kehamilan Anda dan menyiapkan halaman untuk setelah kelahiran bayi. Merajut, merajut, atau hobi lainnya juga dapat sangat membantu Anda tetap sibuk.

9. Meminta bantuan.

Jika Anda memiliki waktu yang sulit, secara fisik atau emosional meminta dukungan dari keluarga, teman, atau dokter dan bidan Anda. Jika Anda mengalami perasaan bicara kecemasan atau depresi dengan dokter Anda.

10. Melakukan sesuatu yang baik untuk diri sendiri.

Sebuah pijat, manikur, atau perjalanan ke salon rambut adalah ide yang baik untuk memperlakukan “manja” pada diri sendiri di akhir kehamilan.

Nah semoga tips-tip tersebut di atas bermanfaat untuk Anda tuk mengobati rasa Galau yang Anda alami.

Doa saya adalah Bayi Anda segera lahir dalam kondisi sehat, dan persalinan Andapun Normal, Lancar dan Nyaman.

TRUST YOUR BABY and TRUST YOUR BODY

Salam hangat