8 Cara Menemukan Dan Menentukan Posisi Bayi

Seringkali di kelas gentle birth balance dan hypnobirthing, saya mengajari para suami, ibu dan calon nenek untuk mengerti dan memahami kondisi janin mereka, bahkan mengetahui serta mampu menentukan posisi bayi , sehingga mereka bisa mengetahui dengan jelas bagaimana posisi janinku, bagaimana detak jantungnya, normal apakah tidak detak jantungnya, sehingga mereka akan lebih memahami lagi, tentang apa yang akan mereka lakukan, “apabila posisi bayiku belum optimal, apa yang aku lakukan untuk mengoptimalkannya?”

“apakah janinku detak jantungnya baik?” sehingga ketika suatu hari gerakan janin berkurang, sang suami dan keluarga bisa langsung mendeteksi apakah ada yang salah? Karena kasus ini sering sekali terjadi, banyaks ekali para ibu yang panic tergopoh gopoh ke Poli Kandungan untuk memeriksakan kondisi janinnya ketika janinnya >2 jam tidak bergerak, dan ketika dilakukan pemeriksaan ternyata semuanya baik dan dalam batas normal. Namun sebaliknya karena tidak memahami posisi bayi dan apa yang terjadi sehingga seorang ibu tidak menyadari bahwa bayinya tidak bergerak dan bahkan meninggal di dalam kandungan.

Nah hari ini saya akan berbagi tips untuk Anda agar bisa menemukan dan menentukan posisi bayi Anda


Tanda sehat

  • Hanya ada satu bayi di dalam rahim
  • Kepala bayi ada di bawah pada saat mendekati kelahiran

Tanda “butuh perhatian lebih”

  • Bayi sungsang (kaki atau pantat berada di bawah) pada saat mendekati kelahiran.
  • Posisi bayi melintang pada saat mendekati kelahiran.
  • Ibu mengandung bayi kembar.

Ada dua cara untuk mengetahui posisi bayi : merasakan perut ibu dan mendengar detak jantung bayi di tempat yang paling keras suaranya. Anda mungkin membutuhkan kedua cara itu supaya bisa lebih yakin tentang posisi bayi.

Merasakan perut ibu

Mungkin akan sulit untuk mengetahui posisi bayi sebelum usia kehamilan mencapai enam atau tujuh bulan tetapi tetaplah mencoba. Apa yang anda rasakan mungkin tidak masuk akal sekarang,tetapi bisa jadi masuk akal ketika anda merasakan perut ibu lagi pada pemeriksaan berikutnya. Akan lebih mudah untuk menemukan posisi bayi pada usia kehamilan lebih dari 28 minggu. Bagaimanapun, makin anda banyak berlatih dan merasakan posisi bayi,anda akan makin ahli dalam melakukannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *