Saat Anda hamil, tubuh Anda akan mengalami perubahan yang luar biasa, salah satunya adalah plasenta.

Plasenta adalah suatu organ yang menempel di dinding rahim Anda saat kehamilan. Organ ini memisahkan supply darah bayi Anda dari supply darah Anda, dan juga menghubungkan keduanya. Hubungan ini mengijinkan plasenta untuk mempunyai fungsi yang belum dapat dilakukan oleh bayi Anda. Plasenta terhubung dengan bayi Anda melalui tali pusat.

Apa fungsi plasenta?

Seperti yang telah kita tau, plasenta berfungsi untuk menyediakan nutrisi dan oksigen untuk bayi Anda. Berikut ini adalah beberapa fakta menarik mengenai plasenta.

  1. Berfungsi sebagai kelenjar

Plasenta berfungsi sebagai kelenjar untuk mengeluarkan semua hormon-hormon yang penting untuk pertumbuhan bayi Anda, dan juga untuk mempersiapkan Anda untuk masa menyusui. Beberapa hormon yang dikeluarkan oleh plasenta antara lain adalah:

  • Human Chorionic Gonadotropin (hCG):hormon ini menstimulasi produksi estrogen dan progesterone sampai umur kehamilan sekitar 10 minggu, ketika plasenta mengambil alih dalam mengeluarkan hormon tersebut. Kadar hCG terus meningkat dan puncaknya adalah di akhir trimester pertama. Setelah itu, tingkat hormon hCG akan tetap stabil sampai akhir kehamilan. Hormon ini juga dihubungkan dengan terjadinya morning sickness yang mana akan berkurang setelah trimester pertama.
  • Estrogen:produksi estrogen meningkatan aliran darah dan menstimulasi pertumbuhan rahim, yangmana sangatlah penting untuk mencukupi kebutuhan si kecil yang terus bertumbuh. Hormon ini juga menstimulasi perkembangan jaringan payudara untuk menyiapkan masa menyusui.
  • Progesteron:produksi progesterone membantu menjaga dinding rahim yangmana sangat penting untuk implantasi dan mendukung kehamilan. Progesteron membantu menjaga rahim sehingga dapat menjadi lingkungan yang nyaman dan baik untuk bayi Anda yang sedang bertumbuh.
  • Human placental lactogen (hPL):hormon ini bertanggung jawab dalam mempercepat metabolisme sang ibu. Selain itu, hormon ini juga mempersiapkan tubuh Anda untuk masa menyusui.
  1. Menyediakan nutrisi bagi bayi

Makanan yang Anda konsumsi tidak langsung sampai ke bayi Anda. Ketika Anda makan, tubuh Anda akan memecah makan tersebut, lalu protein dan nutrisi makanan tersebut akan dialirkan melalui aliran darah Anda menuju bayi Anda melalui plasenta dan tali pusat. Inilah mengapa sangat penting bagi Anda untuk mempunyai pola makan yang sehat. 

  1. Bekerja keras keras untuk menukarkan darah

Disetiap menit kehamilan Anda, sekitar 500ml darah akan dikirimkan ke rahim untuk memberikan nutrisi kepada bayi Anda melalui plasenta. Bahkan ketika Anda beristirahat, plasenta tetap bekerja keras.

  1. Bernafas untuk bayi Anda

Walaupun paru-paru bayi Anda sedang berkembang dan seringkali telah berkembang sepenuhnya sebelum persalinan, namun plasenta Anda menyediakan 100% dari kebutuhan oksigen bayi Anda. Sama seperti tubuh Anda yang menyediakan oksigen untuk seluruh organ dan jaringan Anda melalui aliran darah, tubuh Anda juga mengirim oksigen ke bayi Anda.