Persalinan adalah peristiwa yang sangat berarti bagi seorang ibu. Sebuah peristiwa yang bakalan dia kenang sepanjang masa, sebuah peristiwa yang tak terlupakan. Tentu saja, semua ibu menginginkan sebuah proses persalinan yang nyaman, indah dan menyenangkan. Namun sayangnya hal ini tidaklah mudah. Banyak sekali ibu yang justru dilanda ketakutan dan kecemasan yang luarbiasa menjelang proses kelahiran bayinya dikarenakan berbagai hal mulai dari takut nyeri, takut terjadi komplikasi, hingga takut bayi lahir cacat atau meninggal.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan supaya Anda mendapatkan pengalaman persalinan yang indah:

Mendidik Diri Sendiri

Baca semua jenis buku tentang kehamilan dan persiapan melahirkan serta IKUTILAH KELAS PERSIAPAN MELAHIRKAN!. carilah informasi sebanyak yang Anda bisa. Jika Anda mengambil kelas yang disediakan oleh rumah sakit Anda, silakan mempertimbangkan untuk mengambil kelas tambahan ke pihak ketiga seperti kelas relaksasi hypnobirthing dan kelas yoga untuk kehamilan. Jika Anda merencanakan bedah caesar berulang atau ingin mencoba Melahirkan Normal setelah melahirkan SC (VBAC), persiapkan sebaik baiknya.

 

Memelihara Diri Sendiri

Ini tidak hanya memenuhi nutrisi/gizi Selama kehamilan, Anda harus mencoba untuk memanjakan dan memelihara pikiran, tubuh dan spiritualitas Anda. Ini adalah waktu yang tepat untuk memulai kelas yoga, minum banyak, membaca sebuah novel yang indah, dan menguatkan iman Anda. Dengan menemukan ketenangan batin Anda benar-benar dapat membantu Anda dalam persalinan dan menjadi orangtua yang baik.  Singkirkan Kekhawatiran Anda

Apakah sesuatu yang mengganggu Anda selama persiapan melahirkan?

Apakah Anda memiliki ketakutan tentang persalinan?

Bagaimana reaksi Anda jika ternyata Anda harus melahirkan melalui bedah caesar?

Nah mulai catat dan diskusikan kecemasan dan kekhawatiran Anda, ungkapkan kepada pasangan, maupun bidan atau dokter yang merawat Anda. Kemudian mintalah pendapat bagaimana solusi yang dapat Anda tempuh untuk mengurangi bahkan menghilangkan kecemasan dan ketakutan yang Anda rasakan. Memendam ketakutan, dan kekhawatiran dapat menyebabkan kecemasan yang tidak semestinya selama persalinan dan justru hal ini benar-benar dapat menghambat kemajuan persalinan Anda nanti. Munculnya Hormon Fight atau Flight sangat dipengaruhi oleh emosi selama persalinan.