Mindfulness dapat membantu Anda untuk fokus ke napas Anda dan menerima rasa sakit itu dan bukannya melawan rasa sakit itu, sehingga kemampuan Anda dalam mengatasi rasa sakit tersebut juga dapat meningkat.

  1. Mindfulness dapat mengurangi resiko terjadinya depresi postpartum (PPD)

Mindfulness dapat membuat pengalaman persalinan Anda menjadi lebih positif sehingga trauma yang Anda alami pun juga berkurang. Ketika Anda mengalami pengalaman persalinan yang positif, resiko Anda untuk terkena depresi postpartum (PDD) pun juga akan berkurang.

  1. Mindfulness membantu Anda untuk mencintai diri Anda sendiri

Anda pastinya mempunyai pengalaman melahirkan yang Anda impi-impikan, namun, impian tersebut tidak selalu menjadi kenyataan. Saat Anda tidak dapat memenuhi ekspektasi Anda, Anda dapat merasakan berbagai perasaan seperti kekecewaan, kesedihan, merasa gagal, dan bahkan menyalahkan diri sendiri. Perasaan semacam ini nantinya dapat mempunyai efek yang luar biasa dalam menyusui dan bahkan parenting. Maka sangatlah penting bagi Anda untuk mengatasi perasaan perasaan semacam ini.

Mindfulnes dapat membantu Anda untuk melewati perasaan perasaan semacam itu dan mencintai diri sendiri karena mindfulness dapat membantu kita untuk mengamati pikiran dan perasaan kita sehingga kita akan mengetahui waktu dimana kita sedang mengabaikan atau berusaha menghindar dari perasaan yang sedang kita alami. Mindfulness membantu kita untuk mencintai diri kita sendiri degan bersifat menerima, baik, dan tidak menghakimi diri sendiri.

Tips untuk Melakukan Persalinan yang Mindful

  1. Meditasi

Meditasi merupakan cara teraman dan terefektif untuk mengurangi kecemasan dan stress, dan juga meningkatkan daya tahan tubuh Anda dan bayi Anda. Meditasi mempunyai banyak manfaat seperti menurunkan produksi hormon kortisol dan adrenalin dan juga meningkatkan hormon endorphin yang merupakan hormon penghilang rasa sakit alami dalam tubuh. Meditasi juga dapat menurunkan tekanan darah sehingga dapat mengurangi resiko terjadinya preeklamsia, menurunkan resiko keguguran, bayi prematur, placental abruption (placenta yang lepas tidak pada waktunya) dan dapat meningkatkan hubungan Anda denga orang orang yang Anda cintai. Meditasi juga dapat meningkatkan produksi ASI yang sangat bermanfaat pada masa menyusui.

  1. Siapkan pikiran Anda

Ingatlah bahwa “knowledge is power”. Perkayalah diri Anda dengan ilmu pengetahuan sehingga saat Anda dihadapkan dengan berbagai pilihan Anda dapat memilih pilihan yang tepat. Selain itu, semakin Anda siap dan tau banyak tentang, Anda juga akan semakin percaya diri dan tenang saat proses persalinan.

  1. Siapkan tubuh Anda

Berolahraga saat kehamilan merupakan sesuatu yang harus dilakukan jika Anda menginginkan proses persalinan yang nyaman. Namun, selain proses persalinan, olahraga dapat membantu Anda untuk mengurangi sakit punggung, meningkatkan stamina, mencegah insomnia, mengurangi stress dan meningkatkan mood selama kehamilan.

  1. Aturlah tempat dimana Anda akan melahirkan

Jika memungkinkan, aturlah suasana tempat dimana Anda akan melahirkan, mintalah provider atau pasangan Anda untuk meminimalisir suara suara berisik dan meredupkan lampu. Jika hal tersebut tidak memungkinkan, Anda dapat membawa barang barang favorit Anda seperti bantal favorit, boneka favorit, kaos kaki, atau aromaterapi yang dapat membantu Anda merasa lebih rileks saat proses persalinan.

  1. Pasangan yang dapat mendukung Anda

Mempunyai pasangan yang dapat berada disamping Anda, menemani dan membantu Anda untuk tetap tenang saat proses persalinan sangatlah berguna bagi Anda untuk dapat mempunyai pengalaman persalinan yang positif. Jika hal ini tidak memungkinkan, Anda juga dapat mendatangkan seorang doula yang dapat membantu dan mendampingi Anda selama proses persalinan.