Growth spurts terjadi kepada seluruh bayi, baik yang menerima ASI maupun susu formula. Pada masa-masa itu, buah hati akan sangat rewel meski kita lihat ciri-ciri fisiknya sehat. Tangisannya berhenti ketika disodorkan ASI.

Tidak heran, ketika growth spurts, bayi akan menempel terus pada ibu karena minta menyusu. Bayi tampak lapar terus. Kalau biasanya bayi menyusu 3 jam sekali, saat GS (growth spurts, Red), frekuensinya bisa dua kali lipat. Begitu dilepas dari payudara ibu, rewel

GS biasanya terjadi pada 12 bulan pertama kehidupannya, diawali dari beberapa hari setelah si kecil lahir (sekitar hari ke-7-10), lalu di minggu ke-2, ke-3, ke-4, ke-6, dan berlanjut lagi di usia 3 bulan, 4 bulan, 6 bulan, dan 9 bulan.

Namun, ini hanyalah panduan. Beberapa bayi yang mengalami GS juga bisa berlangsung di waktu- waktu yang lainnya. GS tidak berhenti saat anak sudah berusia 1 tahun, GS bisa datang secara periodik saat si kecil berusia balita hingga remaja. Semua bayi pasti akan mengalami GS.

Mengapa disebut dengan percepatan pertumbuhan? Bayi ‘didorong’ untuk tumbuh lebih cepat dari biasanya sehingga membutuhkan asupan ASI lebih banyak, tetapi sayangnya banyak bunda yang justru berpikir bahwa ASI yang bunda hasilkan sedikit karena si kecil menyusu lebih sering dari biasanya (baik itu siang dan malam) serta rewel.

Periode GS kadang bisa membuat frustasi bagi bunda, tapi bunda harus tetap tenang dan selalu ingat bahwa periode GS bersifat sementara dan merupakan salah satu periode penting dalam pertumbuhan si kecil.

Ciri-ciri bayi yang sedang mengalami GS

  • Bayi menyusu lebih sering dari biasanya. Hal ini bisa terjadi setiap jamnya.
  • Bayi lebih rewel dari biasanya di siang dan malam hari.
  • Bayi mengubah pola tidurnya lebih sering terbangun tengah malam, bahkan di beberapa bayi mereka tidak tidur sama sekali.
  • GS pada beberapa bayi justru ditandai dengan si kecil yang lebih banyak tidur. Bunda tidak perlu khawatir dengan hal ini, biarkan bayi untuk tidur sesukanya. Bagi bayi yang masih berumur 2 minggu, bunda bisa membangunkannya untuk disusui setidaknya 2 jam sekali.

Gejala GS berlangsung selama 2-3 hari. Pada beberapa kasus, ada bayi yang mengalami GS sampai 1 minggu. Setelah periode GS, bayi akan tidur lebih tenang dan lebih lama selama 1-2 hari, seolah-olah dia letih sehabis bekerja keras.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here