HIV/AIDS

AIDS adalah sekumpulan penyakit yang mengakibatkan tubuh seseorang tidak mampu melawan infeksi. AIDS disebabkan oleh virus yang amat kecil (sejenis kuman) yang disebut HIV. Seseorang bisa mengidap HIV untuk waktu yang lama sebelum akhirnya jatuh sakit. Akan tetapi pada akhirnya virus itu akan mencegah tubuh orang tersebut untuk melawan infeksi, dan dia akan mulai sakit. Saat orang tersebut bertambah sakit dan ketika penyakit itu tidak sembuh-sembuh, dia terkena AIDS. Gizi yang baik dan beberapa obat bisa membantu orang tersebut untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh HIV/AIDS dan memperpanjang hidupnya. Sampai saat ini belum ada obat untuk HIV/AIDS itu sendiri. Setelah beberapa lama, orang yang terkena HIV/AIDS akan bertambah sakit dan akhirnya meninggal.

Bagaimana cara menulanya HIV/AIDS

HIV hidup di dalam cairan tubuh-darah,sperma,cairan vagina, dan air susu ibu-dari orang yang terinfeksi HIV. Virus itu akan menyebar ketika cairan tubuh tersebut masuk ke dalam tubuh orang lain. Ini artinya HIV dapat menular dengan cara:

  1. Berhubungan seks dengan orang yang mengidap AIDS,jika dia tidak menggunakan kondom.
  2. Jarum suntik atau alat yang tidak steril yang menusuk atau menggores kulit.
  3. Darah yang terinfeksi yang masuk ke dalam goresan atau luka terbuka orang lain.
  4. Seorang ibu yang terinfeksi kepada bayinya melalui kehamilan,persalinan,atau ASI.

Di tempat penyimpanan darah yang tidak ada tes HIV,orang juga bisa tertular HIV lewat transfuse darah.

Tidak mungkin mengetahui bahwa seseorang terkena HIV hanya dengan melihatnya dari luar. Di beberapa tempat ada tes darah,tetapi kebanyakan orang tidak dapat mengetahui secara pasti apakah mereka mengidap penyakit tersebut kecuali ketika mereka sudah sangat sakit. Karena itulah,penting bagi semua orang untuk melindungi diri mereka dari HIV/AIDS dengan cara menggunakan kondom dan mensterilkan peralatan dan perlengkapan.

HIV tidak bisa hidup di luar tubuh manusia untuk lebih dari beberapa menit. Dia tidak bisa hidup sendiri di udara atau di air. Artinya,anda tidak dapat tertular atau menularkan HIV lewat:

  • Sentuhan,pelukan,atau ciuman
  • Berbagi makanan.
  • Memakai baju,sprei,selimut,atau WC secara bergantian.
  • Gigitan nyamuk.

 

2 Comments on “HIV/AIDS”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *