Ibu dengan pendampingan Doula empat kali lebih kecil kemungkinannya memiliki bayi dengan berat lahir rendah, dua kali lebih kecil kemungkinannya mengalami komplikasi kelahiran yang melibatkan diri atau bayi mereka, dan secara signifikan lebih baik keberhasilan menyusuinya. penelitian juga menunjukkan bahwa komunikasi dan dukungan dari doula selama kehamilan dan persalinan meningkatkan keefektifan kemampuan ibu untuk menjaga kehamilannya agar tetap hamil sehat dan persalinan nya agar melahirkan dengan nyaman (3)

2. Pilih Lingkungan yang Sempurna untuk Anda

Ketika datang untuk memilih tempat untuk melahirkan, Anda selalu punya pilihan. Anda dapat meneliti rumah sakit dengan Angka kejadian operasi Caesar yang rendah di daerah Anda sembari terus melakukan survey dan tour r untuk melihat apakah Anda merasa nyaman di tempat itu.

pada ibu hamil terutama hamil pertama kali, sebagian besar lebih memilih untuk melahirkan di rumah sakit karena merasa aman dan nyaman karena Rumah Sakit memiliki peralatan dan tim medis yang sesuai jika sewaktu waktu ternyata diperlukan intervensi. namun pilihan ini tetap harus Anda pertimbangkan ulang  sebelum secara otomatis memilih untuk melahirkan di rumah sakit.

Penelitian yang dipublikasikan di Midwifery Today with International Midwife menunjukkan bahwa merencanakan proses persalinan di rumah sakit tidak lebih aman daripada merencanakan melahirkan di rumah untuk wanita dengan usia kehamilan 37-42 minggu, janin tunggal, kepala sudah masuk panggul dan beresiko rendah. (4)

sebenarnya selain pilhan melahirkan di Rumah Sakit, Ada juga Rumah Bersalin atau Tempat Praktek Bidan Swasta, yang mana biasanya yang melayani adalah bidan. Manfaat melahirkan rumah bersalin atau tempat praktek bidan swasta mandiri adalah bahwa ibu bersalin biasanya diperbolehkan membuat keputusan sendiri mengenai proses kelahiran mereka. mereka dianjurkan untuk makan jika mereka lapar (yang biasanya tidak diijinkan di rumah sakit), mereka bisa bebas bergerak, menghabiskan waktu berendam di bak mandi jika mereka menginginkan dan memilih posisi yang membuat mereka merasa nyaman.

Anda juga bisa memilih untuk melahirkan di rumah. tentu untuk ini Anda haruslah tergolong ibu yang beresiko rendah dan telah mempersiapkan diri dengan sangat baik. Menurut penelitian yang dipublikasikan di the International Journal of Women’s Health, manfaat kelahiran di rumah yang direncanakan mencakup tingkat intervensi dan morbiditas ibu yang lebih rendah. ibu yang telah merencanakan melahirkan di rumah memiliki tingkat kepuasan yang tinggi terkait dengan rumah menjadi lingkungan yang lebih nyaman dan merasa lebih mengendalikan diri. (5)