6 Langkah Melahirkan Nyaman

Sebenarnya apa saja langkah praktis yang bisa Anda lakukan untuk mendapatan proses melahirkan aman, alami, lancar, nyaman, minim trauma dan tentunya aman (Gentle Birth)?

Berikut ini saya tuliskan langkah praktis nya

1. Temukan Dukungan (Support System)

pada hari H nanti, sangatlah penting bagi Anda untuk memiliki tim pendamping persalinan yang mendukung Anda, yang tepat dan yang memberikan energi positif bagi Anda. Selain itu temukan penyedia layanan kesehatan yang nyaman dan mendukung rencana Anda untuk melahirkan secara alami.

Carilah bidan atau dokter yang setuju dengan perspektif Anda dan memastikan Anda bahwa dia akan mengambil semua tindakan untuk menghindari intervensi kecuali jika benar-benar diperlukan.

Sebenarnya pilih Bidan Atau Dokter ya? kalau ingin melahirkan secara alami?

Jawabannya adalah BIDAN. mengapa? karena secara wewenang, bidan hanya berwenang menangani proses persalinan normal yang beresiko rendah. sehingga secara mind set, bidan akan berusaha mengupayakan supaya kliennya berhasil melahirkan secara normal.

Berbeda dengan dokter. karena mereka juga berwewenang untuk menangani proses persalinan dengan resiko tinggi dan dengan tindakan, maka mind set dan cara pandangpun berbeda.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa bidan memberikan layanan melahirkan aman, nyaman, lancar dan minim trauma satu persatu dan kehadiran serta dukungannya dilakukan terus-menerus saat berada di sisi ibu melahirkan, yang memiliki efek positif pada hasil kelahiran. (1) Baru-baru ini, bidan memainkan peran penting selama persalinan di banyak rumah sakit,  sebagai  lini pertama atau sebagai bagian dari tim dengan dokter. (2) Itu berarti Anda tetap bisa melahirkan di rumah sakit namun tetap didampingi bidan.

Selain dukungan dari tenaga kesehatan, penting juga mendapat dukungan dari pendamping persalinan profesional seperti DOULA. Doula juga berfungsi sebagai pelatih persiapan persalinan yang mendukung yang benar-benar ada untuk Anda. seorang doula selalu tetap berada di sisi Anda di ruang persalinan dan berfungsi sebagai penyemangat Anda, terutama jika Anda ingin melahirkan secara alami.

Sebuah studi tahun 2013 menemukan bahwa ibu hamil didampingi seorang doula bisa mendapatkan pengalaman persalinan yang lebih baik.

Ibu dengan pendampingan Doula empat kali lebih kecil kemungkinannya memiliki bayi dengan berat lahir rendah, dua kali lebih kecil kemungkinannya mengalami komplikasi kelahiran yang melibatkan diri atau bayi mereka, dan secara signifikan lebih baik keberhasilan menyusuinya. penelitian juga menunjukkan bahwa komunikasi dan dukungan dari doula selama kehamilan dan persalinan meningkatkan keefektifan kemampuan ibu untuk menjaga kehamilannya agar tetap hamil sehat dan persalinan nya agar melahirkan dengan nyaman (3)

2. Pilih Lingkungan yang Sempurna untuk Anda

Ketika datang untuk memilih tempat untuk melahirkan, Anda selalu punya pilihan. Anda dapat meneliti rumah sakit dengan Angka kejadian operasi Caesar yang rendah di daerah Anda sembari terus melakukan survey dan tour r untuk melihat apakah Anda merasa nyaman di tempat itu.

pada ibu hamil terutama hamil pertama kali, sebagian besar lebih memilih untuk melahirkan di rumah sakit karena merasa aman dan nyaman karena Rumah Sakit memiliki peralatan dan tim medis yang sesuai jika sewaktu waktu ternyata diperlukan intervensi. namun pilihan ini tetap harus Anda pertimbangkan ulang  sebelum secara otomatis memilih untuk melahirkan di rumah sakit.