Bayi menerima bakteri bakteri baik melalui jalan lahir yang membantu membangun system imun mereka. Oleh karena itu, bayi yang terlahir secara Caesar biasanya lebih sering terserang bakteri bakteri seperti staphylococcus.

Melewati jalan lahir di persalinan normal juga dapat membantu membentuk kepala dan mengeluarkan cairan ketuban dari paru paru yang nantinya akan mengurangi resiko bayi untuk mengalami masalah pernapasan seperti asma.

Penelitian menemukan hubungan antara melahirkan secara caesar dengan resiko bayi terkena diabetes atau obesitas nantinya. Penelitian yang melibatkan 38.000 persalinan, yang dipublikasikan di jurnal PLoS One, menunjukkan bahwa bayi yang dilahirkan secara Caesar mempunyai resiko obesitas 22% lebih tinggi dibanding bayi yang dilahirkan secara normal dan sebuah meta-analisis terbaru dari 20 penelitian di seluruh dunia melaporkan bahwa C-section dapat meningkatkan resiko terkenanya diabetes tipe 1 sebanyak 20% pada bayi nantinya.  Peneliti mengatakan bahwa hal ini mungkin disebabkan oleh:

  • Trauma saat dilahirkan mungkin dapat merubah aktivitas gen yang ada di dalam bayi
  • Perbedaan bakteri di dalam lambung mungkin dapat berpengaruh kepada kesehatan bayi nantinya
  • Tidak terpapar infeksi saat dilahirkan dapat mengurangi kekebalan anak terhadap bakteri bakteri tersebut.¬†

Peneliti dari Yale mengatakan bahwa mereka telah menemukan potensi keuntungan yang lain dari melahirkan normal bagi bayi, mereka mengatakan bahwa melahirkan secara normal dapat memicu produksi protein tertentu di dalam otak bayi yang mungkin dapat meningkatkan perkembangan otak bayi.

Epidural & Obat bius

Obat bius mempengaruhi bayi seperti orang dewasa, mereka akan menimbulkan rasa mengantuk, disorientasi, dan penurunan detak jantung. Epidural juga dapat mempengaruhi bayi lewat cara yang beragam. Kemampuan bayi untuk memproses dan mengeluarkan obat tidak seperti orang dewasa, jadi bahkan dengan hanya sedikit obat epidural ditemukan di aliran darah bayi, penelitian menemukan bahwa bayi membutuhkan waktu yang jauh lebih lama untuk mengeluarkan obat tersebut. Beberapa penelitian juga menemukan bahwa epidural dapat mempengaruhi system imun, detak jantung, dan suplai darah bayi saat lahir.