Salah satu cara untuk mengecek kesuburan dan mengetahui kapan ovulasi terjadi adalah dengan mengamati lendir serviks.

Lendir serviks adalah lendir yang dihasilkan oleh kelenjar yang ditemukan di dalam dan sekitar serviks. Perubahan hormon yang terjadi di sepanjang siklus reproduksi seorang wanita dapat mengubah jumlah dan konsistensi lendir ini. Lendir serviks berfungsi untuk menghindari kuman dan bakteri untuk masuk ke rahim melalui serviks, mencegah infeksi, serta untuk menghidupi dan membantu mengantarkan sperma untuk dapat sampai ke rahim. Tepat setelah dan sebelum ovulasi Anda terjadi, rahim Anda akan memproduksi lendir ini lebih banyak dari sebelumnya, cukup banyak hingga Anda dapat melihatnya di pakaian dalam Anda. Lendir yang subur adalah lendir yang berwarna putih atau bening, elastis, dan  memiliki konsistensi seperti putih telur. Jika vagina Anda mengeluarkan lendir semacam ini, maka inilah waktu yang tepat untuk berhubungan seksual jika Anda sedang dalam program hamil.

Lendir serviks setiap orang tidaklah sama, maka jika Anda memilih untuk mengamati lendir serviks Anda, sangatlah penting untuk mengamatinya setiap hari selama beberapa bulan.

Waktu keluarnya lendir serviks ini dapat bervariasi dari orang ke orang, namun pada umumnya, siklus lendir serviks mempunyai pola sebagai berikut:

  • Siklus awal (hari 1-5): inilah waktu saat menstruasi terjadi
  • Pasca menstruasi (hari 5-10): pada awalnya, mungkin hanya akan ada sedikit atau tidak ada lendir sama sekali, namun lendir yang lengket dan seperti lem mungkin akan mengikuti. Pada saat ini, tingkat kesuburan Anda rendah.
  • Sebelum ovulasi (hari 10-14): tubuh Anda mulai memproduksi lebih banyak hormon esterogen. Lendir yang lengket tersebut akan menjadi tipis dan terlihat seperti awan. Namun pada akhirnya, lendir tersebut akan menjadi licin dan mulai terlihat seperti putih telur.
  • Ovulasi (hari 14): pada saat ovulasi, Anda mungkin akan menyadari bahwa lendir serviks Anda sangatlah basah dan kental. Anda bahkan mungkin dapat meregangkan lendir tersebut sejauh 2 centimeter atau lebih diantara jari Anda.
  • Pasca ovulasi (hari 14-22): setelah ovulasi, tubuh Anda akan mengeluarkan hormon progesteron, yangmana akan mengeringkan lendir serviks tersebut. Lendir serviks Anda mungkin pada awalnya akan terlihat berawan, namun kemudian mencadi lebih tebal.
  • Sebelum menstruasi (hari 22-28): seiring dengan mendekatnya waktu menstruasi Anda, lendir serviks Anda mungkin akna mempunyai konsistensi seperti lem lagi. Biasanya hanya akan ada atau tidak akan ada sama sekali lendir serviks 1-2 hari sebelum menstruasi.

Kapan waktu yang paling subur?