Yang Wajib Anda Ketahui

Tubuh Anda menglami perubahan yang luar biasa saatkehamilan, dan diantara berbagai perubahan yang muncul, stretch marks dapat menjadi satu diantaranya. Stretch marks adalah garis-garis yang timbul di permukaan kulit. Stretch marks dapat berwarna merah muda, merah, ungu, atau cokelat, tergantung dengan warna kulit Anda. Selain di perut, stretch marks juga dapat timbul di paha, pantat dan payudara Anda. Stretch marks tidak berbahaya, dan setelah bayi Anda lahir, stretch marks Anda juga akan memudar secara bertahap, namun mereka tetap akan meninggalkan bekas.

Apa penyebabnya?

Stretch marks sangatlah umum terjadi dan tidak hanya terjadi pada ibu hamil saja. Mereka dapat terjadi ketika kulit Anda teregang, contohnya saat pubertas atau saat kita mengalami kenaikan berat badan. Saat kehamilan, perubahan hormonal dan kenaika berat badan secara cepat dapat menyebabkan timbulnya stretch marks.

Stretch marks terjadi ketika lapisan tengah kulit (dermis) teregang dan pecah di beberapa tempat. Apakah Anda akan mendapatkannya atau tidak, ada hubunganya dengan keturunan, jika ibu Anda mengalaminya maka besar kemungkinannya bahwa Anda juga akan mengalaminya. Selain itu, timbulnya stretch marks juga sangat tergantung dengan tipe kulit Anda.

Apa yang dapat saya lakukan?