Apa Itu Peanut Ball?

Anda tentu saja pernah mendengar tentang birthing ball (untuk mengetahui lebih lanjut mengenai birthing ball, klik disini). Jika birthing ball adalah bola besar berbentuk bulat yang berfungsi untuk memperlancar persalinan, lalu apa itu peanut ball?

Peanut ball adalah bola yang biasanya digunakan untuk terapi atau olahraga, namun saat ini peanut ball juga digunakan saat persalinan. Bola ini mempunyai bahan seperti birthing ball dan berbentuk seperti kacang, sehingga Anda dapat menaruh kaki Anda di sekitarnya. Peanut ball sangat berguna bagi Anda yang diharuskan untuk tetap berbaring di tempat tidur saat melahirkan, baik karena kelelahan, adanya komplikasi, mendapatkan epidural, atau karena pilihan pribadi.

Sama seperti birthing ball, peanut ball juga mempunyai variasi ukuran dan tinggi badan Anda biasanya merupakan cara terbaik untuk memilih ukuran yang tepat bagi Anda.

  • Jika tinggi Anda adalah 160 cm kebawah, gunakanlah peanut ball berukuran 40 cm;
  • Jika tinggi Anda diantara 160 cm sampai 170 cm, gunakanlah peanut ball berukuran 50 cm;
  • Jika tinggi Anda lebih dari 170 cm, gunakanlah peanut ball berukuran 60 cm.

Peanut ball juga tersedia dalam ukuran 70cm, namun peanut ball jenis ini hanya dapat digunakan dalam posisi duduk. Sangatlah penting untuk memilih ukuran peanut ball yang tepat bagi Anda, karena peanut ball yang terlalu besar justru akan menekan persendian di panggul.

Apa kegunaan peanut ball dalam persalinan?

Seperti yang kita ketahui, tetap aktif dan berada di posisi tegak dapat membantu proses persalinan dan memfasilitasi si kecil untuk turun ke jalan lahir. Kita juga mengetahui bahwa berbaring terlentang dapat memperlambat proses persalinan karena Anda akan kehilangan gravitasi, dan kurangnya gerakan dari Anda tidak membantu bayi Anda untuk turun ke jalan lahir.

Baca Juga  Latihan Stimulasi Prenatal

Lalu bagaimana jika Anda ingin atau butuh istirahat saat persalinan? Bagaimana jika Anda diharuskan untuk tetap berbaring di tempat tidur karena suatu alasan medis? Jika Anda mendapat epidural yangmana membuat Anda tidak dapat bergerak banyak dan berada dalam posisi tegak, apa yang dapat dilakukan untuk membantu proses persalinan Anda?

Disaat saat seperti itu, peanut ball dapat menjadi pilihan.

Berdasarkan suatu penelitian yang dilakukan oleh Tussey dan Botsois (2011), mereka menemukan bahwa ada tiga manfaat utama yang ditemukan pada para ibu yang menggunakan peanut ball saat proses persalinan. Manfaat tersebut yaitu:

  • Memperpendek proses persalinan: para ibu yang menggunakan peanut ball saat proses persalinan rata rata mengalami fase pertama persalinan selama 90 menit. Mereka menemukan bahwa “peanut ball dalam proses persalinan untuk pasien dengan epidural, dibandingkan dengan intervensi standar yang seringkali dilakukan, terbukti dapat mengurangi lama proses persalinan tanpa adanya efek yang merugikan baik bagi bayi maupun sang ibu.”
  • Memperpendek fase mengejan: para ibu yang menggunakan peanut ball tersebut terbukti mengalami fase mengejan selama 23 menit lebih pendek dibandingkan para ibu yang tidak menggunakan peanut ball.
  • Mengurangi tingkat sesar: tingkat operasi sesar di dalam kelompok yang menggunakan peanut ball 13% lebih kecil dibandingkan dengan kelompok yang tidak menggunakan peanut ball. Hal ini sangatlah menguntungkan, mengingat bahwa operasi sesar membutuhkan waktu yang lebih lama untuk pemulihan dan lebih berpotensi untuk terjadinya komplikasi.
Baca Juga  Mengapa Bentuk Kepala Bayi Baru Lahir Peyang?

Penelitian ini dilakukan kepada para ibu yang mendapatkan epidural. Namun, bagaimanapun juga, menggunakan peanut ball akan menjadi sangat berguna untuk ibu manapun yang diharuskan atau ingin berbaring saat proses persalinan.

Bagaimana cara menggunakannya?

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menggunakan peanut ball. Cobalah berbagai posisi yang paling cocok untuk Anda, namun cobalah untuk bergerk setidaknya setiap 20 sampai 60 menit agar sirkulasi dara Anda tetap bagus dan dapat mendapatkan hasil yang maksimal.

Side-lying position

Berbaringlah dengan posisi miring ke kanan atau kiri, lalu:

  • Letakkan peanut bal diantara paha Anda dan letakkan kaki Anda disekelilingnya, membuka panggul Anda.
  • Pastikan kaki Anda agak tertekuk
  • Jika Anda ingin mencoba sesuatu yang agak berbeda, Anda juga dapat menekuk kaki Anda lebih tinggi ke arah perut Anda sehingga Anda berada di posisi squat di tempat tidur.

Lunge position

Ikuti instruksi yang sama seperti side-lying position, namun naikkan sandaran tempat tidur rumah sakit Anda menjadi sekitar 45 derajat. Dari posisi ini:

  • Putar tubuh bagian atas Anda untuk membuka panggul.
  • Posisikan bola secara horizontal di bawah kaki atas Anda sehingga Anda berada dalam posisi lunge

Posisi ini dapat membuka panggul Anda ke arah yang berbeda dan dapat menjadi variasi yang baik untuk dicoba.

Fire hydrant

Untuk posisi yang satu ini:

  • Letakkan tangan Anda di kasur dengan salah satu lutut Anda berada dalam posisi berlutut.
  • Letakkan lutut dan kaki Anda yang lain diatas peanut ball.
  • Jika memungkinkan, pastikan bahwa bola berada di bagian bawah tempat tidur dan turunkan sedikit.
Baca Juga  Hamil Anak Kembar

Posisi ini dapat membatu bayi Anda berputar ketika mereka bergerak melalui jalan lahir.

Pushing

Ada dua cara utama untuk menggunakan peanut ball saat mengejan. Pertama adalah dalam side-lying position:

  • Lakukan side-lying position.
  • Naikkan sandaran tempat tidur rumah sakit Anda menjadi sekitar 45 derajat untuk membantu menurunkan bayi Anda ke jalan lahir.

Kedua adalah dalam foward-leaning position:

  • Bertumpulah pada tangan dan lutut Anda.
  • Gunakan peanut ball sebagai bantal untuk tubuh bagian atas Anda.

Apakah peanut ball dapat menggantikan manfaat yang diperoleh saat Anda tetap aktif dan tegak saat proses persalinan?

Walaupun peanut ball telah terbukti untuk dapat membantu saat proses persalian, terutama jika Anda diharuskan untuk berbaring di tempat tidur, namun masih ada banyak manfaat yang dapat Anda peroleh dari tetap aktif dan tegak selama proses persalinan. 

Gravitasi dapat sangan berguna dalam membantu proses persalinan, selain itu, tetap aktif selama proses persalinan juga dapat mengurangi rasa sakit. Bergoyang, berjalan, dan bahkan menari dapat mengurangi ketidaknyamanan saat proses persalinan sekaligus memfasilitasi gerakan bayi sehingga bayi Anda dapat berada di posisi optimal untuk turun ke jalan lahir. Selagi kondisi Anda masih memungkinkan untuk tetap aktif dan tegak selama kehamilan, maka kenapa tidak?

Dimana saya dapat mendapatkan peanut ball?

Anda dapat mendapatkan peanut ball di toko olahraga. Anda juga dapat menghubungi admin Bidan Kita di 085100111884 atau membelinya secara online di www.bidankitashop.com.

 

Selamat memberdayakan diri~

 

Sumber:

  • https://www.baby-chick.com/what-is-a-peanut-ball/
  • https://www.bellybelly.com.au/birth/peanut-ball-for-labour/
  • https://www.healthline.com/health/pregnancy/peanut-ball#claims
  • https://www.lamaze.org/Connecting-the-Dots/peanut-balls-for-labor-a-valuable-tool-for-promoting-progress