ASI adalah makanan terbaik untuk bayi. Manfaat menyusui bukan hanya baik untuk bayi, namun juga untuk ibu. ASI dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta membantu mengembalikan kondisi hormon ibu setelah melahirkan.

Dianjurkan ibu yang baru melahirkan menyusuinya bayinya sesegera mungkin setelah bayi dilahirkan, untuk mendapatkan colostrum atau susu pertama yang sangat baik manfaatnya untuk bayi.

Penelitian menunjukkan bahwa bayi yang diberi ASI selama minimal 6 bulan akan memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik dan perkembangan kecerdasan yang lebih baik.

Nah ini adalah Dasar-dasar dalam Menyusui

  1. Pilihlah lokasi yang tenang. Hingga anda dan bayi sama-sama siap memulai aktivitas menyusui, persiapkanlah diri anda di tempat yang jauh dari gangguan dan tidak bising.
  2. Siapkanlah minuman di samping anda sehingga anda dapat minum ketika bayi minum. Hindari minuman panas (yang dapat mengenai anda atau bayi anda jika tertumpah). Jika anda tidak ingin minum-minuman dingin, pilihlah minuman yang hangat. Tambahkanlah camilan sehat jika sudah cukup lama sejak terakhir kali anda makan.
  3. Setelah merasa lebih nyaman ketika menyusui, anda dapat membaca buku atau majalah yang mudah dipegang untuk membuat anda tetap sibuk selama menyusui. (Namun, jangan lupa untuk tetap berinteraksi dengan bayi yang sedang menyusu). Selama beberapa bulan pertama, menyalakan televisi mungkin sangat mengganggu. Demikian pula dengan berbicara di telepon. Maka, matikanlah dering telepon dan biarkanlah pesan suara yang menerima pesan, atau mintalah orang lain menjawabnya.
  4. Carilah posisi yang nyaman. Jika anda duduk, bantal yang diletakkan di pangkuan anda dapat membantu meletakkan bayi anda pada ketinggian yang nyaman. Pastikan lengan anda ditopang oleh bantal atau lengan kursi. Mencoba menopang bayi seberat 3,5 kilogram tanpa penyangga akan mengakibatkan lengan anda kram dan nyeri. Naikkanlah kaki anda jika memungkinkan.
  5. Letakkan bayi anda pada posiis menyamping hingga menghadap puting susu anda. Pastikan seluruh tubuh bayi menghadap anda-perut bertemu perut, dan kepala hingga pinggangnya lurus menghadap anda, anda tidak ingin kepala bayi anda menengok ke samping maka wajahnya harus menghadap ke arah yang sama dengan dadanya. (Bayangkan betapa sulit bagi anda untuk minum dan menelan ketika sedang menengok ke samping; sama halnya dengan bayi anda). Posisi yang tepat sangat penting untuk mencegah luka pada puting susu dan masalah-masalah menyusui lainnya.

Spesialis laktasi menganjurkan dua posisi menyusui selama beberapa minggu pertama. Posisi pertama disebut posisi melintang. Peganglah kepala bayi anda dengan tangan yang berlawanan (jika menyusui pada payudara kanan, pegang bayi anda dengan tangan kiri).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here