Posisi Relaksasi

Relaksasi adalah salah satu bagian dari upaya untuk mempersiapkan proses persalinan yang nyaman, aman dan tenang. namun seringkali banyak ibu yang bingung untuk mencari apa posisi yang tepat untuk relaksasi

Sebenarnya, Anda tak perlu pusing dengan posisi ini, karena pada dasarnya, tubuh Anda sendiri yang bisa merasakan mana yang paling nyaman saat Anda melakukan relaksasi dengan musik HYPNOBIRTHING. Pada dasarnya ada 2 macam posisi yang dapat dipilih, yaitu posisi belakang/posisi berbaring terlentang dan posisi menyamping/lateral. Namun ada pula posisi kombinasi yang digunakan yaitu posisi setengah duduk. Posisi relaksasi yang paling benar adalah posisi yang paling nyaman menurut anda.

1. Posisi berbaring terlentang

Pada awal kehamilan, atau kehamilan trimester pertama, posisi berbaring terlentang kemungkinan merupakan posisi yang nyaman bagi anda. Namun pada kehamilan lanjut atau trimester ketiga, posisi ini sangat tidak dianjurkan karena jika anda berbaring terlentang maka tekanan berat bayi dapat menekan pembuluh darah/ vena besar yaitu vena cava inferior yang terdapat di punggung sehingga suplai oksigen serta aliran darah ke janin terganggu, selain itu dapat menyebabkan anda mengalami penurunan tekanan darah (hipotensi).

Apabila anda memilih posisi berbaring terlentang, letakkan bantal-bantal di bawah kepala dan bahu anda. Buatlah posisi ini menjadi senyaman mungkin bagi anda.

Letakkan lengan anda disamping tubuh, telapak tangan menghadap kelangit-langit. Lengan diluruskan dan rileks.

Lemaskan jari dan biarkan menekuk secara alami.

Renggangkan kedua kaki anda menjadi sejajar dengan bahu anda, mengarah keluar dan rileks.

2. Posisi Menyamping

Posisi menyamping sebagian besar dipilih wanita hamil saat trimester akhir atau menjelang persalinan. Posisi ini juga baik dilakukan saat menjalani persalinan.

Berbaringlah pada satu sisi tubuh anda (miring ke kiri adalah pilihan yang paling tepat), dengan siku agak menekuk, letakkan lengan kanan dibagian samping bantal.

Bagian perut dapat diganjal dengan bantal atau handuk.

Luruskan tungkai kiri dengan lutut sedikit ditekuk

Tekuklah tungkai kanan. Agar anda merasa nyaman, letakkan satu atau dua bantal dibawah lutut kanan anda sebagai penyangga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *