Saya Adalah salah satu wanita yang beruntung. Dan berkali kali kalimat ini saya ucapkan baik kepada diri sendiri (ini sangat membantu saya untuk tak pernah lupa berucap syukur) dan ini yang berulang kali saya tulis di beberapa artikel bahkan buku saya Agar Anda (red. Pembaca) terinspirasi untuk selalu mensugestikan kalimat positif dalam hidupnya.
Ya beruntung…..
Beruntung karena saat saya hamil , saya merasa nyaman.
Beruntung karena saat melahirkan saya tanpa rasa sakit
Beruntung karena saya berkesematan untuk melahirkan normal di RUMAH saya sendiri.
Beruntung karena saya mengenal Hypnobirthing, gentle birth dan se ‘Wadyo bolo-ne”
Beruntung karena saya mengenal Yoga dan itu yang membuat saya semakin sadar dan lebih mengenal tubuh saya dan
Sekali lagi beruntung karena saya selalu diberi kemudahan dan kesempatan untuk bisa belajar dan belajar lagi.
Dan lebih beruntung lagi adala dimana ketika ilmu yang saya pelajari ini bisa saya sebarkan , saya tularkan ke Anda semua dan mampu menginspirasi Anda.

Saya adalah bidan, doula, guru yoga, dan pendidik persalinan (childbirth educator). Dan menggambarkan atau menganalogikan tentang pendidik persalinan atau childbirth educator adalah seperti mendidik seseorang untuk lomba lari marathon.
Ini mengungkapkan kebutuhan untuk pengkondisian fisik dan pentingnya perilaku yang disiplin di sepanjang proses kehamilan yaitu sembilan bulan kehamilan. Namun menganalogikan persalinan tentu tetep memiliki beberapa keterbatasan, terutama bagi Anda yang ingin melahirkan secara alami:

  • Anda tidak tahu kapan Anda akan melahirkan. Ya..karena kita tidak bisa memilih, tidak bisa kita memilih melahirkan hari sabtu saja biar hari minggu bisa istirahat, atau memilih hari minggu saja biar lebih santai. Karena untuk Anda yang ingin melahirkan normal alami, persalinan bisa saja terjadi kapanpun.
  • Anda tidak tahu “jarak tempuh” atau lama nya persalinan. Karena persalinan bisa memakan waktu beberapa jam atau beberapa hari.
  • Melahirkan bukanlah keterampilan khusus yang dapat Anda latih secara teratur. Karena pada dasarnya pengetahuan tentang bagaimana cara melahirkan sudah terekam di dalam tubuh kita bahkan seketika ketika kita dilahirkan sebagai seorang perempuan.

Namun karena melahirkan di analogikan seperti lomba lari marathon, tentunya perlu persiapan dong, sebelum kita lomba lari marathon? Karena jika tanpa persiapan, tentunya tubuh kita akan kewalahan dan tidak mampu meneruskan “perjalanan” sehingga “menyerah” di tengah jalan karena merasa tidak kuat, atau bahkan terpakasa terhenti di tengah perjalanan karena kita mengalami cidera (kram dll). Atau bisa saja mencapai garis finis namun penuh jerih payah dan keluh kesah.
Penting sekali persiapan fisik, dan tidak hanya itu tetapi juga penting sekali bagi Anda untuk mengenal dan menyadari setiap perubahan hari demi hari selama masa kehamilan dan persalinan. Sehingga menciptakan kesadaran yang tingga pada tubuh dan jiwa Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here