Setelah melahirkan, tidak sedikit seorang wanita merasa takut untuk bercinta. Ketakutan-ketakutan itu bisa datang dari berbagai sebab seperti, apakah akan sakit, jangan-jangan si kecil bangun, khawatir hamil lagi, dan lain-lain. Nah sebenarnya kapan Anda bias mulai berhubungan intim setelah melahirkan? Dan apa saja yang data Anda lakukan supaya prosesi bercinta Anda berjalan mulus tanpa hambatan? Nah, simak artikel di bawah ini semoga bias menginspirasi Anda.

 

Kapan Anda bisa mulai berhubungan seks lagi?

Banyak pasangan ingin tahu kapan mereka boleh kembali berhubungan seks setelah melahirkan. Vagina wanita yang baru melahirkan tentu juga mengalami trauma. Dalam kondisi yang sangat baikpun, vagina masih sangat sensitif. Selain itu, bila Anda menyusui, mungkin terjadi vaginal atrophy yaitu menipis serta mengeringnya jaringan vagina akibat menurunnya kadar hormon estrogen dalam tubuh.

Enam minggu pasca melahirkan biasanya ibu-ibu sudah bisa melakukan hubungan seksual lagi. Beberapa dokter menyebutkan, waktu empat minggu atau ketika cairan yang dikeluarkan dari liang senggama setelah melahirkan sudah berhenti, Anda dapat dilakukan hubungan seksual. Namun sebenarnya, Anda bias melakukan hubungan seks, setiap kali Anda dan pasangan Anda berdua merasa bahwa itu waktu yang tepat untuk Anda. Adalah ide yang baik jika Anda mencoba  bercinta sebelum kunjungan dokter sehingga Anda dapat mendiskusikan dengan dokter apabila ada masalah yang Anda hadapi.

Alasan utama menghindari senggama pasca persalinan (sebelum nifas selesai) adalah untuk memberi peluang bagi jaringan genital wanita agar segera sembuh, terutama jika mengalami episiotomi atau guntingan untuk memperlebar jalan lahir sehingga membantu memperlancar bayi keluar. Mencegah timbulnya infeksi merupakan alasan selanjutnya. Perlu diketahui pula bahwa masa setelah melahirkan selama 6 minggu atau 40 hari, menurut hitungan awam, merupakan masa nifas yang penting untuk terus dipantau. Nifas merupakan masa pembersihan rahim, sama halnya seperti masa haid. Darah nifas mengandung trombosit, sel-sel degeneratif, sel-sel mati, dan sel-sel endometrium sisa.Oleh sebab itu, pemeriksaan ulang pasca persalinan biasanya dilakukan setelah enam minggu, dan enam minggu adalah waktu dimana rahim telah kembali pada ukuran sebelum hamil. Pengecilan rahim adalah perubahan fisik utama pasca persalinan yang terakhir.