Mengapa begitu penting  menjaga bayi kita tetap bersatu/bersentuhan kulit dengan kulit bersama ibunya di jam pertama setelah kelahiran? Pada jam pertama dan saat setelah bayi lahir, mereka mengalami suatu transisi yang mengagumkan ke dalam dunia baru.

Bayangkan jika Anda mau, dari rahim yang begitu hangat, lembut dan redup tiba-tiba harus berhadapan dengan dunia baru dengan lampu terang, suara berisik, dan orang-orang baru.

 

pada jam pertama setelah lahir Bayi Anda adalah belajar bagaimana untuk menghirup udara, menghisap, menelan, dan mengatur suhu mereka sendiri di luar rahim  untuk pertama kalinya!

Dengan adanya perlekatan kulit dengan kulit antara bayi dan ibunya, banyak sekali manfaat yang akan didapatkan selain sekedar ikatan:

bayi tidak rewel/menangis bayi Memiliki suhu lebih stabil bayi Memiliki gula darah lebih stabil (kurangnya perlekatan kulit dengan kulit karena bedah caesar, menyebabkan perubahan gula darah)

Susuilah lebih cepat, lebih lama, dan jauh lebih mudah terkena bakteri normal/bakteri baik pada ibu, justru dapat melindungi mereka dari sakit dari jenis bakteri yang tidak sehat, terutama jika bersalin di rumah sakit

 

 

Salam Hangat

 

Bidan Kita