Sebenarnya, bagi Anda wanita hamil dengan kehamilan berisiko rendah Anda harus selalu percaya bahwa Anda BISA memiliki dengan persalinan normal, lancar dan nyaman.

Fakta 2: Sebagian besar Kehamilan dan Persalinan adalah beresiko rendah (Low-Risk), alami, dan  Achievable

Penting untuk dicatat bahwa, sebagian besar kehamilan dan persalinan adalah berisiko rendah, yang berarti bahwa sebagian besar wanita dengan risiko rendah dalam kehamilan dengan aman dapat melahirkan bayinya tanpa medis intervensi. (Catatan:.. “Intervensi” adalah tidak sama dengan “bantuan” Kebanyakan wanita membutuhkan bantuan saat proses persalinan, tetapi tidak memerlukan intervensi medis untuk memfasilitasi proses)

Fakta 3: Persalinan adalah Proses Alamiah, Bukan Prosedural

“Teknologi” yang digunakan dalam persalinan alami adalah teknologi yang sama yang telah membawa anak ke dunia selama ribuan tahun – atas dasar kemauan tubuh Anda, kehendak bayi Anda, dan kekuatan dan energi universal yang lebih besar. Ketika Anda bisa mendengarkan isyarat tubuh dan melalui proses persalinan dengan mengandalkan energi pada alam semesta maka proses persalinan akan terjadi dengan sangat efisien dan dengan hasil yan positif.

Namun ketika kita melawan atau mengganggu setiap bagian dari proses alami tersebut, maka proses persalinan bisa saja berubah menjadi rumit dan sulit dan melelahkan.

Fakta 4: Kebanyakan Intervensi Medis Selama Proses Persalinan Terjadi Karena Kebijakan Rumah Sakit, Tidak Selalu Karena Anda dan Bayi Anda memerlukannya

Sebagian besar rumah sakit memiliki kebijakan dan prosedur pada semua aspek persalinan. Ini bagus, dalam kasus-kasus tertentu ketika ada hal yang mungkin salah.Tapi sebenarnya sebagian besar kehamilan dan proses persalinan TIDAK AKAN salah.

Sayangnya, kebijakan dan prosedur rumah sakit diikuti dengan harapan  bahwa proses segera akan segera terjadi, dan tanpa banyak pertimbangan dari kebutuhan individu, keinginan, atau bahkan tahapan proses persalinan dari ibu hamil.

Bersiaplah bahwa bahkan  mereka akan tetap menerapkan kepada Anda dan disinilah risiko intervensi medis yang tidak perlu dimulai, dan di mana kemungkinan memiliki  persalinan normal dan nyaman mulai berkurang.

Fakta 5: Bahkan Satu Intervensi Saja Sangat Mengurangi Kemungkinan Proses Persalinan Alami

Bahkan satu saja intervensi yang tidak perlu, akan sangat mengurangi kemungkinan dengan persalinan normal.

Sebagai contoh, kebanyakan rumah sakit ketika seorang ibu sudah masuk ke ruang bersalin secara otomatis di “paksa” untuk berbaring dan dibatasi untuk bergerak bahkan seringkali mereka dipasangi infus yang mungkin sebenarnya tidak atau belum perlu di pasang sehingga ibu bersalin tidak bisa bergerak dengan nyaman dalam menanggapi kontraksi yang terjadi dalam tubuhnya.

Karena tidak bisa bergerak maka ibu bersalin akan merasa tidak nyaman dan akhirnya dia mulai meragukan bahwa dia bisa mengelola rasa sakit dan intensitas kontraksi dalam persalinan. hingga Tiba-tiba seorang wanita mulai kehilangan fokus dan keyakinan bahwa semuanya akan baik-baik saja.

Fakta 6: Bayi yang Lahir Tanpa anestesi akan lebih Sehat dan  Kuat

Bayi yang lahir tanpa obat nyeri (dari epidural) lebih waspada dan terjaga setelah dilahirkan. Mereka memiliki Apgar skore lebih tinggi saat lahir. Mereka memiliki pola tidur yang lebih baik, dan umumnya lebih nyaman dan tenang.

Fakta 7: Bayi Lahir yang lahit secara Alami Memiliki tingkat kesuksesan menyusui lebih tinggi. 

Ada bukti statistik yang menunjukkan bahwa ibu yang memiliki persalinan alami,  lebih cenderung untuk memulai menyusui lebih cepat dan mudah, membuat ASI lancar, dan berhasil menyusui selama enam bulan atau lebih.