Pada fase “flash back” ini pengalaman persalinan mereka seolah berputar-putar di kepala mereka seperti video/ slide. Dan Mereka tidak bisa mematikannya. Apalagi ketika situasi dan kondisi lingkungan sangat tidak mendukung.

Menurut penelitian terbaru dari Universitas Salford di Inggris, yang dipimpin oleh Dr.Julie Wray, menganggap dibutuhkan waktu rata rata lebih dari satu tahun seorang wanita merasa normal kembali – baik secara fisik maupun emosional – setelah melahirkan.

Merasa tidak biasa menjadi ibu baru seringkali dirasakan oleh ibu yang habis melahirkan. Itu karena perhatian dan perawatan khusus yang diberikan pada Anda selama kehamilan sekarang dipindahkan ke bayi yang baru lahir.

Dengan demikian, ibu baru mungkin merasa diabaikan atau mengalami alih peran seolah menjadi “mesin pemerah susu” bahkan jika mereka tidak sadar akan emosinya. Tekanan yang luar biasa ini kadang-kadang dapat mempengaruhi emosi ibu dengan cara negatif.

panduan-audio-hypnofertility-ads

Postpartum blues terjadi pada sekitar dua pertiga wanita dan biasanya terjadi dalam minggu pertama setelah melahirkan.

Pertama, Anda mungkin merasa kesal, takut dan sedih. Mungkin juga ada kecemasan berlebihan karena tidak mampu mengatasi bayi atau perasaan frustrasi saat bayi menangis., terutama jika mereka tidak memiliki sistem pendukung yang tepat di rumah. Namun berita baiknya bagi kebanyakan wanita, postpartum blues biasanya tidak tahan lama.

Faktanya, kecemasan akan hilang dalam beberapa hari hingga beberapa minggu, tergantung pada individu. Karena post partum biasanya tidak permanen atau mengancam nyawa, itu tidak akan mempengaruhi kemampuan ibu untuk merawat bayinya. Oleh karena itu, perhatian ahli sebagian besar tidak diperlukan.

Apa yang bisa Anda lakukan?

Tanpa sistem pendukung yang tepat, post partum  blues dapat berkembang menjadi sesuatu yang lebih serius. Itu sebabnya, jika Anda merasakan emosi negatif, penting bagi keluarga dan orang yang Anda cintai di rumah untuk memberikan dukungan.

Jika perasaan murung dan lekas marah tidak hilang setelah dua minggu, carilah saran lebih lanjut dari dokter /therapist Anda.

Semoga bermanfaat