Setiap kali saya posting tentang prenatal gentle yoga di Instagram, entah itu gerakan dan pose pose untuk beberapa kasus atau masalah, maupun jadwal kelas online, para ibu ibu follower IG @bidankita banyak sekali yang berespon dan penasaran tentang apapun yang saya posting berkaitan dengan prenatal gentle yoga tersebut. Entah bertanya tentang kapan atau diumur kehamilan berapa pose itu bisa di lakukan? Maupun bertanya tentang pose apa yang bisa membantu mengatasi masalah si penanya. Artinya dari respon respon yang saya baca, semakin kesini semakin banyak ibu yang ingin merasakan proses persalinan yang alami minim rasa trauma terutama RASA NYERI.

 

Karena balik lagi, bagaimanapun juga hampir semua orang TIDAK SUKA dengan rasa nyeri. Sehingga itulah kenapa tercipta obat obatan dan metode metode pengurang bahkan penghilang rasa nyeri. Walaupun sebenarnya rasa nyeri merupakan salah satu cara tubuh Anda baik sel, organ maupun system saraf untuk “berkomunikasi” dengan otak Anda untuk memberitahu bahwa sedang ada sesuatu terjadi di dalam tubuh Anda (entah itu proses maupun sesuatu hal yang salah) supaya otak Anda lebih “AWARE” lalu melakukan sebuah respon.

panduan-audio-hypnofertility-ads

Walaupun kita setuju bahwa melahirkan merupakan proses yang sacral dan sangat indah serta sebuah peristiwa yang tidak bakalan terlupakan bagi setiap orang yang terlibah bahkan mengalaminya, namun itu juga merupakan salah satu peristiwa paling menegangkan yang dapat terjadi dalam kehidupan seorang wanita.

Dari berbagai kisah yang beredar selama ini, banyak ibu yang menyatakan bahwa melahirkan itu sangat menyakitkan, menegangkan dan digambarkan selaksa pertarungan antara hidup dan mati. Dan keyakinan ini secara turun temurun diyakini sehingga tidaklah mudah untuk menghapus atau minimal merubah /mereprogramming persepsi tersebut.

Sehingga ketika saya berbagi informasi tentang prenatal gentle yoga, tidaklah heran bahwa pasti akan muncup pertanyaan :

  • Apakah prenatal gentle yoga bisa mengurangi rasa sakit / nyeri pada saat proses melahirkan? Apa dan mana bukti serta penelitian ilmiahnya?
  • Apakah prenatal gentle yoga bisa membantu “melancarkan” proses persalinan? Karena jika memang persalinan itu sakit, maka ketika proses tersebut lancar, itu artinya rasa sakit yang akan dialami tidak akan berlangsung lama dan kemungkinan besar masih bisa di toleransi. Dan jika memang bisa, mana bukti ilmiahnya?

Ketika pertama kali saya mengembangkan prenatal gentle yoga ini dan mulai menyebarkan ke masyarakat, banyak sekali orang yang menyangsikan bahkan tidak sedikit teman sejawat yang memandang sebelah mata akan program ini.