Fakta Proses Persalinan

Persalinan yang lancar, nyaman dan minim intervensi seringkali menjadi impian para ibu karena minimnya resiko birth trauma dan proses pemulihan yang jauh lebih cepat.

Seperti yang Anda tau, satu intervensi dalam kasus persalinan dapat mengarah ke intervensi lainnya, inilah yang disebut dengan cascade intervention dan Anda juga tau bahwa setiap intervensi pasti akan mempunyai resiko dan efek samping.

Begitu juga dengan epidural. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda untuk menghindari epidural, dan bahkan jika Anda memilih untuk melakukan epiduralpun, tips ini dapat membantu Anda untuk tetap tenang dan nyaman sampai anesthesiologist(ahli anestesi) Anda datang.

Tips Cara Menghindari Epidural

  1. Persiapkan dan berdayakan diri Anda

Ingatlah untuk selalu mempersiapkan dan memberdayakan diri Anda dalam segi mental, tubuh, maupun ilmu pengetahuan selama kehamilan karena ini adalah kunci dari melahirkan lancar, nyaman, dan minim intervensi. Banyak-banyaklah membaca dan ikutilah kelas-kelas persiapan persalinan.

Dengan begitu Anda dapat mempunyai gambaran mengenai apa yang akan Anda hadapi nanti saat proses persalinan dan tau cara mengatasinya. Selain itu, Anda juga akan menjadi lebih siap dan lebih tenang saat menjalani proses persalinan nantinya. Namun, ingatlah bahwa pengetahuan saja tidaklah cukup.