Solusi Alami untuk Edema di Kehamilan

Pembengkakan tangan dan kaki? Cincin dan sepatu pas pasan? Merasa bengkak diseluruh tubuh? Edema umum selama kehamilan dan terjadi ketika cairan menumpuk di jaringan tubuh. Anda mungkin menemukan pembengkakan menjadi lebih buruk di malam hari. Seiring bertambahnya usia kehamilan, banyak perubahan fisik yang ibu hamil hadapi. Bunda yang tengah hamil kerapkali mengalami pembengkakan pada kaki  yang disebut dengan edema. Sekitar 75% ibu hamil mengalami keluhan ini pada trimester ketiga.

Edema atau pembengkakan pada kaki saat hamil disebabkan peningkatan volume darah selama kehamilan dan tekanan dari rahim ke pembuluh darah di kaki, edema kaki ringan sering terjadi selama kehamilan. Namun, komplikasi serius kehamilan seperti trombosis pembuluh darah dalam dan preeklamsia juga bisa menyebabkan edema.

panduan-audio-hypnofertility-ads

Meskipun pembengkakan ringan selama kehamilan dianggap normal, namun biasanya tetap terasa tidak nyaman. Anda dapat mencegah dan mengurangi edema dengan pengobatan Tradisional Cina, termasuk akupunktur, herbal, dan penyesuaian gaya hidup.

Ada beberapa hal yang dapat memicu terjadinya edema, diantaranya: Berdiri terlalu lama, kelebihan asupan natrium (garam), terlalu banyak mengkonsumsi kafein, kekurangan kalium dan kurang minum air.

Pembengkakan, juga disebut sebagai edema, adalah efek samping yang umum dari kehamilan. Menurut American Pregnancy Association, selama kehamilan tubuh Anda memproduksi darah 50 persen lebih banyak cairan tubuh untuk membantu memelihara bayi Anda, merilekskan dan melenturkan tubuh Anda dan mempersiapkan sendi panggul untuk melahirkan. Meskipun pembengkakan merupakan aspek normal dari kehamilan, dapat menjadi tidak nyaman, terutama menjelang akhir kehamilan ketika produksi cairan berada pada puncaknya. Anda dapat mencari pengobatan yang aman, alami dan efektif seperti akupuntur atau akupresure untuk membantu mengurangi kelebihan cairan yang mungkin Anda miliki di tangan, kaki dan pergelangan kaki.

Edema biasa terjadi selama kehamilan karena cairan terakumulasi dalam jaringan tubuh. Pembengkakan pada kaki, pergelangan kaki dan tangan adalah yang paling umum. Wajah juga bisa menjadi bengkak. Kondisi bengkak ini biasanya menjadi lebih buruk ketika sore atau malam hari juga ketika Anda berada dalam cuaca yang panas. Pembengkakan ringan adalah normal. Tetapi jika diikuti peningkatan tekanan darah dan protein memasuki urin, ada bahaya dari preeklamsia, sebuah komplikasi yang berpotensi serius kehamilan.