Pada umumnya, puting jenis ini dapat digolongkan menjadi 3 tingkat. Tingkat pertama adalah kondisi dimana tidak ada kerusakan pada saluran ASI Anda dan Anda masih dapat menyusui dengan baik. Dalam tingkat kedua, terdapat sedikit kerusakan pada saluran ASI Anda dan Anda mungkin Anda merasakan rasa sakit atau mengalami kesulitan saat menyusui. Yang terakhir, pada tipe ketiga, saluran ASI Anda benar-benar tersumbat dan menyusui tidaklah memungkinkan. Apabila puting Anda berada di tingkat kedua atau ketiga, konsultasikanlah dengan provider atau konsultan ASI Anda dan mereka akan memberikan Anda tips, rekomendasi posisi menyusui, dan alternatif pengobatan yang dapat Anda lakukan. 

  1. Puting tak seimbang

Puting tidak seimbang atau unilateral nipples adalah kondisi dimana seorang wanita memiliki puting umum dan puting yang mendelep. Jika Anda mempunyai puting jenis ini, Anda masih dapat menyusui bahkan dengan puting mendelep tingkat dua atau tiga sekalipun dengan mengganti posisi selama menyusui dan menggunakan puting satunya untuk menyediakan ASI.

Apa Akibatnya Saat Menyusui?

Walaupun jenis puting bukanlah satu satunya penentu keberhasilan dalam menyusui, namun tak dapat dipungkiri bahwa ibu dengan jenis puting tertentu seperti puting datar atau mendelep seringkali mengalami kesulitan atau tantangan tertentu dalam menyusui, terutama dengan adanya perubahan yang terjadi pada puting Anda selama kehamilan. Selama kehamilan, untuk beberapa ibu yang memiliki puting umum, puting Anda mungkin akan menjadi lebih menonjol dari biasanya, dan untuk beberapa ibu yang memiliki puting yang mendelep, puting Anda seringkali justru akan masuk lebih dalam lagi, membuat menyusui lebih menantang. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai menyusui dengen puting mendelep dan puting datar, klik disini.

 

Knowledge is power~