Sama seperti payudara, puting wanita mempunyai berbagai macam jenis, bentuk, dan ukuran. Sebagian besar wanita mungkin mempunyai bentuk puting yang menonjol dan akan menjadi tegak ketika mendapatkan suatu rangsangan, namun adapula beberapa wanita yang mempunyai puting yang datar atau masuk ke dalam “mendelep”.

Pada umumnya, puting datar dan puting yang masuk kedalam tidak akan mempengaruhi kemampuan Anda untuk menyusui, karena ketika Anda menyusui, mulut si kecil tidak hanya menyedot melalui puting, namun juga dari areola (area gelap di sekitar puting) dan area sekitar kelenjar payudara. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa puting datar dan mendelep membuat menyusui menjadi lebih menantang karena si kecil biasanya cenderung kesulitan untuk menempel dengan baik di puting jenis datar atau mendelep. Hal ini tentunya dapat menimbulkan berbagai masalah seperti payudara bengkak, ASI tersumbat, mastitis, produksi ASI menurun, dll. Namun, sebenarnya dengan kesabaran dan teknik yang benar, Anda masih dapat menyusui dengan puting datar maupun mendelep.

Kenali payudara Anda!

panduan-audio-hypnofertility-ads

Selama kehamilan, tubuh seorang wanita akan mengalami berbagai macam perubahan, dan payudara Anda bukanlah pengecualian. Untuk beberapa wanita, payudara yang sensitif dapat menjadi tanda-tanda pertama kehamilan, dan hal ini dapat terjadi beberapa hari setelah pembuahan terjadi. Selama kehamilan, payudara Anda akan membesar dan puting Anda akan menjadi lebih menonjol. Hal ini merupakan cara tubuh Anda mempersiapkan masa menyusui. Namun, di beberapa kasus tertentu, apabila Anda memiliki puting mendelep, kehamilan justru akan membuat puting Anda semakin masuk kedalam.

Untuk mengetahui tipe puting Anda, Anda dapat mengamati bagaimana payudara Anda merespon pada rangsangan dari luar, seperti di suhu dingin atau ketika Anda merasa terangsang. Jika puting Anda menjadi lebih keras dan menonjol, maka itu berarti Anda tidak mempunyai tipe puting datar atau mendelep. Namun, apabila Anda masih belum yakin, Anda dapat melakukan “pinch test” untuk mengetahuinya.

Untuk melakukan pinch test, pertama-tama, letakkan jempol dan telunjuk Anda di dasar puting Anda, lalu dengan lembut cubit areola Anda (area gelap di sekitar puting). Jika puting Anda menonjol saat Anda melakukan hal ini, maka Anda tidak mempunyai puting mendelep. Apabila puting Anda tidak menonjol, maka besar kemungkinan bahwa Anda mempunyai puting datar. Terakhir, apabila puting Anda masih masuk kedalam atau justru semakin masuk kedalam, maka Anda mungkin mempunyai puting mendelep.