Hypnofertility adalah metode hypnosis atau hypnotherapy yang ditujukan untuk membantu klien dengan masalah infertility.

Infertility adalah Ketidakmampuan pasangan suami istri untuk mencapai konsepsi / kehamilan setelah satu tahun melakukan sanggama teratur tanpa kontrasepsi atau ketidakmampuan untuk hamil sampai melahirkan bayi yang mampu hidup

infertilitas tidak hanya  menyangkut fisik saja, dan sudah waktunya untuk mengakui bahwa  komponen mental dan emosional memainkan peran penting dalam menciptakan konsepsi. perasaan, emosi, khawatir, stress, frustasi, kegelisahan, merupakan faktor utama dari semua dalam proses yang sangat rumit ini.

panduan-audio-hypnofertility-ads

 

Infertilitas telah didefinisikan oleh World Health Organization sebagai “ketidakmampuan pasangan untuk mendapatkan kehamilan untuk jangka waktu setelah satu tahun atau lebih dengan hubungan seksual biasa tanpa kondom “. Sekitar 10-15 persen pasangan usia subur mempunyai pengalaman infertilitas.

Dampak psikologis dari infertilitas dapat menyebabkan gejala depresi pada wanita subur. Sekitar 10 persen wanita subur memenuhi kriteria untuk didiagnosa depresi, 30-50 persen melaporkan gejala awal depresi, dan 66 persen laporan merasa tertekan setelah gagal melakukan pengobatan untuk mengatasi infertilitas. Mayoritas wanita infertil menyatakan bahwa infertilitas merupakan pengalaman yang paling menyakitkan dalam hidup mereka.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa tekanan psikologis dapat mengganggu kesuburan dan bahwa gejala depresi dapat mengurangi efektivitas pengobatan pada kasus infertilitas. Beberapa studi yang dilakukan dalam tiga tahun terakhir mendukung teori bahwa tekanan psikologis dapat berdampak buruk secara signifikan keberhasilan program fertilisasi in vitro (IVF). Para peneliti menyimpulkan bahwa tingkat keberhasilan pengobatan infertilitas dengan teknologi tinggi dapat terganggu oleh stres psikologis.

pengobatan Mind / body pada pasien infertilitas telah terbukti baik meningkatkan kemungkinan untuk mendapatkan kehamilan serta mengurangi tekanan psikologis.

Dr Ernest L. Rossi seorang ahli psychobiology dan body mind connection, telah melakukan penelitian yang luas untuk menunjukkan bahwa gen manusia harus dalam keadaan kesiapan secara fisik maupun psikologis ketika proses pembuahan berlangsung, dan bahwa sugesti hypnosis- dapat mengaktifkan tipe gen-gen spesifik, termasuk IL-1, c-FOS, dan CYP17.

perasaan negatif yang terekspresikan dan / atau energi yang cukup besar yang belum terselesaikan (block energy negative) dapat menghalangi terjadinya konsepsi. emosi terekspresikan seperti rasa bersalah, kesedihan mendalam atau malu karena belum hamil, atau sedih setelah terjadi keguguran dan merasa bersalah karena telah melakukan aborsi dapat membuat konflik emosional yang ekstrim, yang mempengaruhi setiap sel tubuh dan dapat menyebabkan terproduksinya senyawa khusus yang akan mempengaruhi kesehatan reproduksi.