Dan banyak sekali keluhannya….dan ketika kami tensi ternyata 160/100 mmHg . padahal sebelumnya 110/70 mmHg.

“mbak aku lemes…”

“mbak kok dari kaki sampai mukaku kesemutan ya…”

Oke dech….mulai ku Oles White Angelica, Peace and calming dan lavender essential oil agar dia lumayan tenang…memang sesaat kemudian tenang dan tensi turun, tetapi sesaat kemudian naik kembali. Setiap kali kontraksi muncul dan rasa ingin mengejan muncul tiba tiba dia terserang panik.

Hingga di satu titik saya pun benar benar stres! Saat itu…saya ambil Joy essential oil dan saya hirup dalam dalam , berharap pikiran saya tetap jernih dan saya tetap bisa tersenyum di hadapannya.

Namun rasa panik itu terus ada, hingga saya pun tercetus ucapan bahwa akan saya rujuk jika tensi tetap tinggi.

Saat itu mbak Bella langsung merengek menolak ide saya. Dia mau melahirkan normal di Bidan Kita.

Puji Tuhan akhirnya semangat dia muncul kembali dan akhirnya tensi turun kembali normal dan mbak bella berhasil melahirkan dengan lancar walaupun teriakannya memecahkan suasana malam dan sempat membuat saya terkaget kaget karena selama ini tidak pernah ada ibu yang melahirkan sambil teriak sekencang itu, rata rata mereka tenang bahkan tersenyum saat melahirkan. Tapi Puji Tuhan..legaaaa…

 

Ya lega…namun kembali saya punya PR banyak.

Beginilah rasanya jika ketiban sampur. Klien datang tiba tiba tanpa pernah ANC sebelumnya di Bidan Kita, dan banyak sekali yang datang ke Bidan Kita setelah “melarikan diri” dari RS.

Senang sich dapat klien baru…tapi sedih juga ..karena tenyata masih banyak sekali para ibu dan keluarga yang HANYA menganggap bahwa persalinan itu sekedar melahirkan seorang bayi dari perut ibunya. Banyak ibu yang tidak menyadari pentingnya persiapan persalinan , banyak keluarga yang tidak menyadari betapa pentingnya pengetahuan akan proses persalinan, sehingga mereka cenderung PASRAH dengan apapun yang akan terjadi kepada nakes yang mereka percayai. Padahal melahirkan ibu bukan sekedar mengeluarkan seorang bayi dari perut ibunya, namun melahirkan Anak Allah dan utusan Tuhan, melahirkan seorang wanita menjadi seorang IBU, melahirkan seorang lelaki menjadi seorang Ayah. Melahirkan seorang ibu menjadi Nenek, dan seorang bapak menjadi kakek.

Ya harapan saya….dengan artikel ini, pembaca akan semakin tersadar akan pentingnya peristiwa ini.

Birth is the beginning of LIFE

Mari berdayakan diri bunda …..

KNOWLEDGE is POWER