2. Kenakan sepatu yang ber-hak datar dan lembut. Hal ini membantu mencegah tulang belakang Anda terlalu teregang dan tegang saat Anda berjalan.

3. Perhatikan postur tubuh Anda dan mencoba untuk menjaga punggung Anda lebih tegak.

4. Ketika duduk, gunakan bantal/ guling kecil atau handuk digulung di belakang Anda untuk mendukung dan menopang tulang belakang dan mengganjal pantat Anda sehingga pantat lebih tinggi daripada lutut (ini juga bermanfaat untuk menjaga agar posisi janin anda lebih optimal lho)

5. Cobalah untuk tidak mengangkat sesuatu yang berat. Jika Anda harus mengangkat sesuatu, tekuk lutut Anda dari dan menjaga posisi agar punggung tetap lurus.

panduan-audio-hypnofertility-ads

6. Dengarkan tubuh Anda dan berhenti melakukan apa pun yang menyakiti Anda.

7. Jauhkan ponsel anda. Cobalah untuk tidak diam dalam waktu yang lama. (biasanya kalau Anda sudah asyik berkutat dengan BB atau ponsel maka Anda akan berada tetap dalam satu pulsisi yaitu duduk menunduk terdiam dalam jangka waktu yang lumayan lama bukan?) nah saat Anda menderta keluhan ini cobalah untuk tetap mobile, dan hindari duduk atau diam pada satu posisi dalam jangka waktu yang lama

8. Saat tidur cari posisi yang paling nyaman dan gunakan bantal untuk menganjal atau menopang perut dan pinggang Anda

9. Lakukan olah raga untuk menguatkan otot-otot panggul. Yoga bisa menjadi pilihan dan atau anda melakukan gerakan-gerakan seperti di video ini.

10. Melakukan gerakan yoga seperti cat cow position dimana Anda berlutut lalu melengkungkan punggung dan merilekskannya seperti pada video ini, dapat sangat membantu merngankan keluhan ini.

11. Squats lambat atau berdiri dan berlutut dengan lambat dilakukan sepuluh kali sehari untuk peregangan dan mengencangkan kaki bagian atas. Anda bisa gunakan kursi atau teralis jendela untuk berpegangan atau minta bantuan suami untuk melakukan ini. Pastikan untuk menyeimbangkan diri dengan berpegangan pada meja atau kursi.

12. Pevic tilt juga tidak hanya membantu untuk menghilangkan rasa sakit punggung bawah, itu juga mempersiapkan seorang wanita hamil untuk melahirkan. Ada dua cara untuk melakukan latihan ini yaitu dengan posisi berdiri dan berbaring