Dan saya Saya percaya bahwa kemampuan untuk percaya bahwa tubuhnya akan mengkomunikasikan dengan jelas keinginan untuk mendorong atau mengejan jika sang ibu berada dilingkungan di mana ibu diperlakukan dengan bermartabat dan hormat. Dia memiliki kebutuhannya untuk privasi dihormati dan bahwa ia secara mental dapat menyerah kepada proses persalinan alami dan membiarkan tubuhnya mengambil alih-tidak mencoba bergulat dengan atau mengontrol proses kelahiran, tetapi untuk menggali lebih dalam dan kemudian menikmati dan membiarkan semuanya mengalir lalu mengijinkan tubuh dan nafas mengambil alih semua proses persalinan.

Kiat atau Tips agar bisa melahirkan tanpa Mengejan: Untuk bisa melahirkan dengan lancar nyaman bahkan tanpa mengejan memang butuh upaya dan persiapan. Walaupun sebenarnya tubuh sudah tahu apa yang harus dilakukannya namun karena saat ini kita berada dalam dunia dimana otak, logika, ketakutan, kekhawatiran seringkali mendominasi bahkan menguasai proses persalinan, maka sebaiknya Anda mulai belajar untuk menggunakan “Rasa” untuk lebih “Masuk” kedalam diri dan tubuh, untuk lebih “Aware” dengan tubuh dan mampu mempertajam intuisi Anda.

Nah beberapa yang bisa Anda upayakan adalah:

1. Kenali tubuh Anda dan perubahan-perubahannya selama proses kehamilan dan persalinan

panduan-audio-hypnofertility-ads

2. Ketahui dan pahami proses persalinan dengan benar

3. Latihlah nafas Anda, karena ini penting dan ini merupakan salah satu kuncinya. Salah satu yang paling ampuh adalah kuasai nafas perut. Semakin panjang dan dalam nafas Anda maka Semakin besar kemungkinan bagi Anda untuk mampu melahirkan tanpa mengejan.

4. Lakukan healing birth trauma Anda

5. Pertimbangkan untuk mengikuti kelas persiapan persalinan menggunakan metode Hypnobirthing

6. Berlatihlah untuk tetap tenang dan kontrol diri , ini akan bantu Anda untuk tetap rileks bahkan senyum saat melahirkan dan mengejan.

7. Percayai kekuatan tubuh dan kekuatan bayi Anda

8. Kenali isyarat Tubuh dan Bayi lalu ikuti irama nya

9. Selama proses tetaplah bergerak dan ubah posisi sambil atur nafas, ini berfungsi untuk membantu penurunan bagian terendah janin. Ingat ketika pembukaan lengkap kepala biasanya masih agak tinggi (jarak dari vagina luar sekitar 5-8cm) dan Anda harus menurunkan kepala itu hingga membuka “pintu” vagina. Nah kalau Anda mengejan kuat-kuat terlalu dini maka itu berarti buang-buang energi. Maka ayo atur posisi dan gonta-ganti posisi Anda. Posisi tegak sangat di rekomendasikan untuk membantu proses ini. (jongkok, knelling, merangkak) sambil lakukan goyang panggul.