10. Tetaplah Tersenyum krena jika Mulut Atas terbuka maka Mulut bawah juga terbuka So…Do It!

 

Kalau Tidak Mengejan, Apakah Bayi Bisa Keluar?

Nah ini adalah pertanyaan yang sangat bagus dan sering kali di Lontarkan para ibu bahkan para bidan dan dokter yang masih menganggap bahwa ibu melahirkan HARUSLAH mengejan KUAT!

panduan-audio-hypnofertility-ads

Persalinan itu unik dan ajaib, dan Puji Tuhan saya selalu diberi kesempatan untuk belajar belajar dan belajar lagi. saat mencoba “meng-test”  apa yang terjadi pada bayi ketika sang ibu ada kontraksi kuat dan dorongan mengejan saat itu saya coba melakukan VT (vaginal Toucher/Pemeriksaan Dalam) dan tangan saya “Stay” di dalam vagina untuk beberapa waktu sambil mengamati apa yang terjadi, ternyata ketika kontraksi kuat dan sang ibu melakukan NAFAS PERUT dengan tenang, panjang dan dalam secara otomatis otot di dalam liang vagina, serviks menjadi sangat lunak, lembut dan ajaibnya ternyata kepala janin justru yang Melakukan dorongan (seperti Ngebor) seiring dengan kontraksi dan tekanan otot perut karena bantuan Nafas Perut. dan dorongan bayi tersebut sangat signifikan sekali. dan ini akhirnya yang sedikit mematahkan teori P (Power) dalam persalinan dimana Power yang dimaksudkan dalam buku kebidanan lebih ke Power sang Ibu bukan Power sang janin. padahal ternyata Tanpa ibu mengejan Kuat pun, ketika ada reflek ejeksi janin dan sang ibu rileks yang terjadi adalah Janin dengan indahnya mendorong kepala dan tubuhnya sesuai dengan ritme tubuh.

dan reflek ini akan semakin bagus ketika posisi sang ibu tegak dan cenderung condong ke depan karena dengan demikian tubuh ibu akan memperbaiki dan sedikit meluruskan curve jalan lahir, sehingga semakin memudahkan janin untuk melakukan tugasnya. terbukti Klien di Bidan Kita bahkan ada yang melahirkan bayinya dengan berat badan 4200 gram tanpa mengejan sama sekali, dan yang ibu lakukan saat itu adalah melahirkan sambil berlutut berpelukan dengan suaminya.

nah bagaimana dengan Anda? apakah Andapun menginginkan hal yang sama?