Lalu kapan Anda harus pergi ke rumah sakit?

Jika Anda bertanya kepada provider Anda kapan waktu yang tepat untuk pergi ke rumah sakit, jawabanya adalah saat kontraksi anda berpola 5-1-1. Apa itu 5-1-1?

5  KETIKA KONTRAKSI ANDA BERJARAK 5 MENIT

panduan-audio-hypnofertility-ads

1  BERDURASI 1 MENIT

1  DAN BERADA DALAM POLA YANG SAMA SELAMA 1 JAM

Kenapa harus 5-1-1? karena sebenarnya 5-1-1 adalah pola yang di gunakan dimana Anda telah melewati fase awal dan memasuki fase aktif. dan sebenarnya Anda mesih punya maktu nutuk bersiap siap. jadibukan berarti begitu 5-1-1 harus serta merta langsung lari ke RS lho!

Karena terkadang kontraksi Anda dapat melambat atau bahkan berhenti jika Anda langsung terburu-buru untuk pergi ke rumah sakit saat Anda berada di pola 5-1-1.

Mengapa begitu? Saat di rumah, Anda berada di tempat yang nyaman dan familiar sehingga tubuh Anda merasa lebih nyaman dan aman sehingga kemajuan/perkembangannya akan lebih cepat.

Namun beda halnya ketika Anda berada di tempat asing, bahkan walaupun Anda mencoba untuk merilekskan tubuh Anda, tubuh Anda tetap akan menegang dan menghambat proses persalinan Anda karena itu tempat asing.

Tinggallah di rumah lebih lama untuk menghindari terjadinya hal ini.Inilah mengapa biasanya saya merekomendasikan untuk pergi ke rumah sakit jika sudah berada pada pola 4-1-1 atau 3-1-1.

Apa lagi yang harus saya perhatikan saat saya menghitung kontraksi?

Selain durasi dan frekuensi kontraksi, Anda juga harus memperhatikan pola kontraksi Anda. Apakah kontraksi Anda sudah teratur atau belum. Pola ini juga akan memberi tahu Anda apakah yang Anda rasakan itu kontraksi asli atau palsu (Braxton Hicks contractions).

  • Pola kontraksi tidak teratur

    Pola kontraksi yang tidak teratur merupakan salah satu indikasi bahwa Anda sedang mengalami kontraksi palsu (Braxton Hicks contractions). Kontraksi ini berfungsi sebagai semacam pemanasan bagi tubuh Anda sebelum Anda benar-benar memasuki proses persalinan. Namun, Anda perlu ingat bahwa kontraksi ini bukanlah tanda persalinan akan dimulai.

  • Pola kontraksi yang teratur