Olahraga Pasca Caesar

Setelah menjalani operasi caesar, sangatlah penting untuk tetap berolahraga dengan melakukan olahraga-olahraga ringan untuk mengurangi resiko cidera dan membantu Anda untuk pulih lebih cepat.

Olahraga pasca melahirkan adalah bagian yang penting dari pemulihan. Jika dilakukan dengan benar, mereka akan membantu untuk mempercepat pemulihan dengan menyediakan dukungan dan kekuatan bagi otot dan tulang Anda. Olahraga teratur juga berguna untuk membantu Anda tetap segar dan bertenaga.

Selain manfaat fisik, olahraga juga sangat baik untuk kesehatan mental Anda. Olahraga dapat membantu para ibu baru yang sedang berjuang menghadapi postpartum blues (untuk mengetahui lebih lanjut mengenai postpartum blues, klik disini) dan postpartum depression (untuk mengetahui lebih lanjut mengenai postpartum depression, klik disini) serta membantu Anda untuk tidur dengan lebih nyenyak.

Saat Anda masih berada di rumah sakit, provider Anda biasanya akan memberi Anda informasi mengenai kegiatan dan olahraga ringan yang dapat Anda lakukan untuk membantu pemulihan Anda. Mulailah dengan kegiatan-kegiatan ringan seperti berjalan di enam minggu pertama setelah operasi caesar, dan jika setelah enam minggu provider Anda telah mengijinkan Anda untuk berolahraga, Anda dapat memulai aktivitas olahraga pasca melahirkan Anda secara perlahan. Namun, jika Anda mengalami komplikasi saat kehamilan maupun persalinan, atau mempunyai kondisi medis tertentu, konsultasikanlah dengan provider atau fisioterapis Anda sebelum memulai olahraga apapun.

Anda dapat menggunakan pakaian kompresi dalam bentuk legging, short, korset, atau lainnya untuk melindungi luka bekas caesar Anda, menyangga otot perut dan punggung bawah Anda, melancarkan aliran darah, dan mencegah adanya varises.

Olahraga ringan untuk enam minggu pertama

Berikut ini adalah beberapa olahraga ringan yang dapat Anda lakukan selama enam minggu pertama setelah operasi caesar.

  • Berjalan

Segera setelah Anda dapat bangkit dari tempat tidur dan bergerak, cobalah untuk berjalan di luar rumah dan sekeliling komplek beberapa kali secara rutin.

  • Kegel

Anda mungkin sudah melakukan latihan otot dasar panggul selama kehamilan Anda, dan Anda mungkin sudah mengerti seberapa pentingnya ltihan tersebut. Segera setelah kateter Anda dilepas, Anda dapat melanjutkan melakukan latihan kegel untuk memperkuat otot dasar panggul yang menyangga kandung kemih, usus, dan rahim Anda.

Berikut ini adalah petunjuk untuk melakukan latihan kegel.

  1. Duduklah di ujung kursi dengan kaki menempel di lantai;
  2. Kontraksikan otot-otot dasar panggul Anda. Anda akan merasakan sensasi seperti jika Anda berusaha untuk menahan air kencing Anda;
  3. Bayangkan bahwa Anda menutup semua lubang vagina, anus, dan saluran kencing Anda;
  4. Tahan posisi tersebut selama mungkin. Dimulai dengan 5 detik dan semakin lama seiring berjalannya waktu;
  5. Tarik napas panjang dan hembuskan sembari merilekskan kontraksi.

Cobalah untuk melakukannya di berbagai posisi yang berbeda seperti berdiri, duduk atau berbaring miring ke kanan atau kiri. Lakukan sebanyak 8 sampai 12 kali kontraksi dengan sela 2 menit setiap kalinya. Lakukan latihan ini sebanyak 2 kali sehari.

  • Membiasakan postur yang baik

Kehamilan, operasi caesar, dan menyusui adalah beberapa hal yang dapat berkontribusi dalam punggung dan bahu bungkuk, serta perut yang menonjol. Berlatihlah untuk mulai duduk dan berdiri dengan tegak dan buka bahu Anda, jauhkan bahu Anda dari telinga. Hal ini akan membantu Anda menuatkan otot perut dan melindungi punggung Anda. Hindari mengangkat barang-barang yang lebih berat daripada bayi Anda, dan hindari tidur secara terlentang. Tidurlah miring ke kanan atau kiri dengan bantal atau guling di antara lutut Anda untuk menjaga tulang belakang Anda tetap berada di posisi netral.

  • Peregangan ringan

Fokuskan peregangan Anda ke area leher, bahu, tangan, dan kaki. Ingatlah untuk melakukan peregangan yang ringan dan tidak memberi tekanan pada luka bekas caesar Anda.

Latihan yang dapat Anda lakukan setelah operasi caesar