beberapa penelitian juga melaporkan bahwa bayi yang lahir dari ibu yang berpuasa selama kehamilan mungkin harus berurusan dengan implikasi kesehatan di kemudian hari (sumber )

Bagaimana Puasa Selama Kehamilan Bisa Mempengaruhi Bayi Di Dalam Rahim?

panduan-audio-hypnofertility-ads

Meskipun puasa tidak akan memengaruhi bayi dalam kandungan, namun janin Anda  mungkin bisa mendapatkan efek jangka panjang. Penelitian telah mengungkapkan dua hipotesis mengenai efek puasa pada janin (sumber )

  1. Bayi berat lahir rendah: Gizi kurang yang berhubungan dengan puasa selama kehamilan dapat memengaruhi pertumbuhan janin. Juga, organ-organ yang berkembang akan rusak secara permanen. Ini bisa terjadi karena kekurangan nutrisi. Efek samping yang dapat berkembang di kemudian hari termasuk masalah ginjal dan risiko diabetes tipe 2 (yang dapat menyebabkan penyakit jantung koroner).
  2. Gangguan kognitif: Pembatasan nutrisi selama puasa dapat meningkatkan kadar hormon kortisol, yang dapat menyebabkan gangguan kognitif pada anak-anak.

Haruskah ibu Hamil Berpuasa Selama Ramadhan?

Sebenarnya sebaiknya ibu hamil menghindari berpuasa tidak makan minum sejak subuh sampai mahgrib apalagi di musim kemarau. Namun tetap lagi lagi silahkan konsultasikan pada provider Anda. (sumber )

Karena pada dasarnya Hukum Islam juga mengizinkan ibu hamil untuk tidak puasa tetapi menebusnya dengan memberi makan orang miskin atau menyumbangkan makanan kepada seseorang (sumber )

Namun bagi beberapa orang, tetap pengen berpuasa lho!

Nah bagaimana supaya tetap Aman ? Tahap kehamilan Anda adalah faktor yang sangat besar untuk dipertimbangkan ketika membuat keputusan apakah akan berpuasa atau tidak selama kehamilan Anda.

Trimester 1

Selama trimester pertama, banyak ibu hamil yang merasa sulit untuk berpuasa karena gejala mual di pagi hari atau terus-menerus merasa mual. Ada juga kemungkinan peningkatan resiko bayi lahir dengan berat badan lahir rendah ketika anda berpuasa pada trimester 1.

Trimester ke-2

Trimester kedua adalah trimester yang dianggap paling aman dan terbaik untuk puasa karena umumnya merupakan tahap stabil selama kehamilan di mana bayi Anda tumbuh dengan mantap. Namun, Anda membutuhkan 200-300 kalori ekstra per hari pada saat ini sehingga penting untuk memastikan Anda mendapatkannya dari berbuka puasa hingga sahur.