Menggunakan pelembab seperti minyak kelapa, minyak chickweed, atau aloe vera dapat sangat membantu untuk meredakan gejala PUPPS. Aloe vera dapat membantu untuk meredakan pembengkaan, mengurangi rasa gatal, dan juga berfungsi sebagai kompres dingin untuk tubuh Anda.

Sedangkan minyak kelapa dan minyak chickweed dapat membantu untuk meredakan sensasi gatal dan iritasi yang disebabkan oleh PUPPS. Minyak kelapa juga mempunyai sifat anti-inflammatory dan antimicrobial sehingga minyak ini sangat baik untuk Anda. Namun, ingatlah untuk hanya menggunakan VCO (virgin coconut oil) karena pengawet dan zat tambahan yang mungkin ada di minyak kelapa olahan justru dapat memperparah iritasi di kulit Anda.

  1. Rempah rempah yang dapat membersihkan tubuh

Ruam dapat terjadi karena adanya gangguan di darah, hati atau kulit. Membersihkan darah dan hati Anda dengan rempah rempah dapat membantu untuk mengurangi ruam tersebut. Rempah-rempah yang biasanya direkomendasikan untuk ibu hamil adalah akar dandelion dan daun jelatang.

Akar dandelion dapat meningkatkan fungsi hati dan daun jelatang mempunyai kandungan yang dapat mengobati reaksi alergi dan mengobati pembengkaan. Tumbuhan ini biasanya dapat dikonsumsi dalam bentuk kapsul atau teh.

  1. Oatmeal

Mandi dengan oatmeal dapat sangat membantu. Berendam di air oatmeal dapat meredakan rasa gatal, iritasi, dan melembabkan kulit. Teknik ini mungkin tidak akan mengobati PUPPS dengan sepenuhnya, tapi teknik ini dapat memberikan efek yang menenangkan. Anda menyiapkan air hangat, mencampurkan oatmeal dan teh chamomile organic secukupnya, lalu berendam di dalamnya selama sekitar 20 menit. 

  1. Rempah rempah anti bengkak

Beberapa tumbuhan yang dapat berfungsi untuk meredakan bengkak adalah calendula dan chamomile. Anda dapat menggunakannya dengan mencampurkannya dengan aloe vera gel, lotion, atau witch hazel. Lalu Anda dapat menaruhnya di daerah yang bermasalah. Anda dapat melakukan ini sebanyak tiga kali sehari.

  1. Adaptogen

Kehamilan dapat menjadi masa-masa yang terkadang dapat membuat Anda stress, dan hal ini tentu saja dapat mempengaruhi sistem daya tahan tubuh Andadan membuat Anda rantan untuk terkena PUPPS.

Adaptogen sangatlah berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, adaptogen juga bersifat menenangkan. Beberapa tumbuhan yang bersifat adaptogen adalah gingseng, basil dan akar maca. Untuk ibu hamil, para herbalis sangat merekomendasikan penggunaan akar maca sebagai adaptogen. Anda dapat mengkonsumsinya dengan mencampurkannya dengan smoothies Anda.

  1. Kompres dingin

Kompres dingin dapat memberi efek menenangkan dan membantu mengurangi rasa gatal. Anda dapat melakukan teknik ini dengan menyelupkan handuk kecil di air dingin, memerasnya, dan menaruhnya diatas area yang gatal. Anda dapat melakukan teknik ini setiap kali Anda mulai merasa tidak nyaman. 

  1. Menggunakan pakaian yang lembut

Cobalah untuk menggunakan pakaian yang longgar dan berbahan lembut jika Anda terkena PUPPS agar ruam Anda tidak semakin parah. Pakaian berbahan kapas juga dapat membantu untuk menjaga kulit Anda tetap dingin.

  1. Hindari menggaruk area ruam dan menggunakan bahan kimia

Saat Anda mendapat ruam dan terasa gatal, tentunya Anda segera ingin menggaruknya. Namun, cobalah sebisa mungkin untuk tidak melakukannya karena menggaruk ruam Anda justru dapat memperparah kondisi Anda. Selain itu, jika Anda terkena PUPPS, cobalah untuk menghindari penggunaan bahan kima seperti sabun mandi yang mempunyai banyak kandungan pewangi dan deodorant yang mengandung bahan kimia. 

  1. Merilekskan sistem saraf Anda