Apa obat teething yang harus dihindari?

Walaupun Anda ingin melakukan apapun untuk menghilangkan rasa sakit si kecil akibat teething, namun ada beberapa obat teething yang tidak aman dan harus dihindari, di antaranya adalah:

  • Obat mati rasa

Hindarilah penggunaan rubbing alcohol, benzocaine, atau lidocaine di gusi bayi Anda karena memiliki resiko untuk menurunkan tingkat oksigen dalam darah, terutama untuk anak diusia kurang dari 2 tahun.

  • Gel teething

FDA (The Food and Drug Administration) tidak merekomendasikan penggunaan obat teething termasuk obat herbal dan homeopathy karena kurangnya penelitian yang membuktikan bahwa obat tersebut dapat bekerja dengan baik. Selain itu, beberapa obat teething juga mengandung belladonna yang dapat mengakibatkan kesusahan bernapas dan kejang.

panduan-audio-hypnofertility-ads
  • Kalung amber untuk teething

Tidak ada bukti medis yang membuktikan bahwa kalung amber efektif untuk teething. Selain itu, sebagian besar dokter anak tidak merekomendasikannya karena resiko tertelan atau tersedak.

 

Knowledge is power~

Sumber:

https://www.healthline.com/health/parenting/when-do-babies-start-teething#symptoms

https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/baby/teething-tooth-care/Pages/Babys-First-Tooth-Facts-Parents-Should-Know.aspx

https://www.nhs.uk/conditions/baby/babys-development/teething/baby-teething-symptoms/

https://www.whattoexpect.com/first-year/teething/

https://www.webmd.com/parenting/baby/teething-symptoms-remedies#1