Saat Anda memasuki masa menyusui, Anda akan mendapat tantangan-tantangan tersendiri, dan salah satunya adalah ASI tersumbat. Payudara Anda mengandung berbagai saluran yang berfungsi untuk menyalurkan ASI dari kelenjar ASI ke puting Anda ketika Anda menyusui. Terkadang, saluran tersebut tersumbat dan menyebabkan rasa sakit.

ASI tersumbat merupakan masalah yang sering terjadi selama masa menyusui dan dapat menyebabkan bengkak, kemerahan, dan rasa sakit di area payudara. Tentunya hal ini membuat Anda merasa tidak nyaman. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang ASI tersumbat.

Apa penyebabnya?

panduan-audio-hypnofertility-ads

ASI tersumbat biasanya terjadi apabila ASI Anda tidak habis sepenuhnya. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti:

  • Bayi Anda menempel dengan tidak benar

Apabila bayi Anda tidak menempel pada payudara Anda dengan benar, atau memiliki masalah dalam mengisap payudara Anda, mereka mungkin tidak dapat mengeluarkan semua ASI dari payudara Anda. Ketika ada ASI yang tersisa di payudara Anda, ASI tersebut dapat menyumbat saluran ASI dan menyebabkan masalah.

  • Pembengkaan payudara

Pembengkaan payudara dapat terjadi apabila Anda jarang menyusui, melewatkan sesi menyusui, jeda yang terlalu lama antar sesi menyusui, atau menggunakan susu formula sebagai tambahan. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembengkaan payudara, klik disini.

  • Bayi Anda berada di NICU

Apabila bayi Anda harus berada di NICU karena beberapa hal, Anda akan memiliki resiko lebih besar untuk terkena ASI tersumbat karena terpisah dengan bayi Anda juga berarti Anda tidak dapat menyusui sesering biasanya.

  • Jerawat payudara

Jerawat payudara atau blebs dapat menyumbat saluran ASI Anda dan menyebabkan ASI Anda terjebak dan tidak dapat keluar.

  • Produksi ASI yang berlebihan

Apabila tubuh Anda memproduksi terlalu banyak ASI, Anda akan memiliki resiko lebih tinggi untuk terkena pembengkaan payudara atau ASI tersumbat.

  • Tekanan berlebihan di payudara

Tekanan yang berlebihan di payudara Anda dapat membatasi aliran ASI Anda. Hal ini biasanya disebabkan oleh bra yang berkawat atau bra yang terlalu ketat. Selain itu, gendongan bayi atau tas yang terlalu berat juga dapat memberikan tekanan berlebih pada payudara Anda.

  • Dehidrasi dan kelelahan

Kurang istirahat dan kurang minum dapat meningkatkan resiko Anda untuk terkena ASI tersumbat.

  • Olahraga berat

ASI tersumbat dapat disebabkan oleh olahraga yang terlalu berat, terutama olahraga yang menggunakan tubuh bagian atas.

  • Penyapihan

Ketika Anda menyapih bayi Anda terlalu cepat, Anda akan lebih beresiko untuk terkena pembengkaan payudara, ASI tersumbat, dan bahkan mastitis. Oleh karena itu, sangat penting untuk menyapih si kecil dengan lembut. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara menyapih dengan lembut, klik disini.