Wahhh selamat Anda telah melahirkan dan memiliki bayi ! Tugas pertama udah selesai, nah sekarang apa tugas selanjutnya?

panduan-audio-hypnofertility-ads

Nah, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah istirahat dan menyusui, mudah bukan?

 

Artikel ini akan membahas tentang perubahan apa yang terjadi pada seorang wanita pada hari pertama kelahiran bayi Anda.

 

Pertama, hampir seluruh kehidupan bayi Anda telah berubah, dia tidak lagi berada didalam lingkungan dan suasana yang redup, remang-remang yang mana semuanya terasa lambat dan sempit saat bergerak. Bayi Anda sekarang merasakan ruang yang luas, lampu yang terang, suara bising, pakaian, popok, bertemu dengan orang yang berbeda, bau yang berbeda dan perubahan yang terbesar adalah bahwa bayi Anda sekarang bernapas melalui paru-parunya dan tidak lagi menerima nutrisi dari ibunya melalui plasenta dan talipusatnya.

WOW – Perubahan yang luarbiasa! Pemahaman ini adalah kunci untuk bayi merasakan bahagia. Menjaga bayi Anda tetap dekat dengan Anda 24 jam sehari sehingga Anda dapat mendampingi bayi jika dia membutuhkan Anda dengan segera. Dari awal segera sejak lahir bayi Anda akan inginkan Anda dan payudara Anda … .. jadi harus segera di susui, Mudah kan!

Setelah proses persalinan biasanya Anda akan menghadapi rasa sakit dari operasi caesar atau sakit di vagina.  Tapi semua rasa sakit akan berkurang dan hilang segera setelah Anda menatap bayi Anda. Setelah bersalin mungkin payudara Anda baru keluar beberapa tetesan bening yang itu disebut sebagai colosturm. Walaupun sedikit tapi harus tetap diberikan. Bayi Anda sebenarnya hanya perlu sampai 5 ml colostrums tiap kali minum, namun ingat walaupun payudara Anda baru bisa mengeluarkan 0.1ml colostrums itu sudah cukup mempertahankan dirinya selama satu jam.

Sebagai seorang bidan dan Konsultan laktasi, saya harus memberikan konseling dan nasehat tentang laktasi dan bagaimana cara menyusui yang baik, juga Tips-Tips menyusui:

– Segera susui bayi Anda setiap kali ia mulai menyodokkan lidahnya keluar atau terlihat siap untuk menyusu. Jangan menunggu menangis karena jika bayi terlanjur menangis dan merasa sebal, Anda akan mengalami kesulitan saat menyusuinya.