Terdapat 11 station (-5 sampai +5) yang digunakan untuk mendiskripsikan tingkatan penurunan kepala bayi. Perbedaan nomor tersebut menandakan centimeter, sehingga bila kepala bayi Anda bergerak dari +1 ke +2, artinya bayi Anda turun sejauh 1 centimeter. Berikut ini adalah 5 tingkatan yang perlu Anda ketahui:

  • -5 Pada tingkatan ini, kepala bayi Anda masih berada diatas panggul. Di tahap ini, bayi Anda masih dapat bergerak bebas dan bahkan dapat membalikkan badan di dalam rahim.
  • -3 station. Pada tingkatan ini, kepala bayi Anda tepat berada di inlet atau pintu atas panggul. Di tahap ini, kepala bayi belum mengunci, sehingga bayi Anda masih dapat bergerak, berpindah posisi, dan bahkan naik kembali.
  • 0 station. Pada tingkatan ini, kepala bayi Anda sudah berada di midlet atau pintu tengah panggul, tepatnya di ischial spine dan sudah mengunci atau engaged. Di tahap inilah dapat dikatakan bahwa kepala bayi Anda benar-benar sudah naik panggul.
  • +4 dan +5 station. Pada tingkatan ini, kepala bayi Anda sudah berada di outlet. Dalam proses persalinan, kepala bayi Anda akan berada di tingkatan ini. 

Apa tandanya?

Berikut ini adalah beberapa tanda tanda yang dapat menunjukkan bahwa bayi Anda telah turun panggul:

  1. Perubahan bentuk perut

Anda mungkin akan menyadari bahwa bentuk perut Anda berubah ketika bayi Anda sudah turun panggul. Perut Anda menggantung lebih rendah dan terdapat lebih banyak ruang diantara payudara Anda dan perut bagian atas Anda. 

  1. Tekanan pada panggul meningkat

Salah satu hal yang dapat menandakan bahwa bayi Anda sudah masuk panggul adalah adanya tekanan yang terkadang menyebabkan rasa sakit di area panggul. Hal ini terjadi karena kepala bayi Anda menekan ligamen yang ada di panggul Anda. Rasa sakit yang Anda alami mungkin terjadi ketika Anda berada di posisi tertentu atau melakukan gerakan tertentu. Rasa sakit juga dapat timbul secara tiba-tiba, yang biasanya terjadi ketika bayi Anda bergerak untuk mengatur posisi.

Ingatlah walaupun rasa sakit pada panggul dapat menjadi tanda bahwa kepala bayi Anda sudah turun panggul, namun konsultasikanlah dengan provieder Anda apabila Anda merasakan rasa sakit secara terus menerus. Sama halnya jika rasa sakit tersebut disertai dengan gejala lain seperti demam, pendarahan, atau keluarnya air ketuban. 

  1. Anda dapat bernafas lebih mudah

Ketika bayi Anda sudah turun panggul, tekanan yang sebelumnya ada pada diafragma Anda akan berkurang, sehingga Anda dapat bernafas dengan lebih mudah. 

  1. Cairan vagina meningkat

Ketika bayi Anda turun panggul, kepala bayi Anda akan menekan serviks Anda. Tekanan ini akan membantu serviks Anda yang mulanya tebal menjadi untuk menipiskan diri dan mempersiapkan diri untuk persalinan. Di dalam serviks Anda, terdapat banyak cairan vagina, sehingga ketika serviks Anda menipiskan diri, cairan vagina tersebut dapat keluar.