Cairan vagina yang keluar di minggu-minggu akhir kehamilan Anda dapat berupa lendir kental atau seperti air yang mengalir secara tiba tiba. Hal ini menyebabkan ibu yang kemudian mengira bahwa cairan tersebut adalah cairan ketuban yang rembes. Salah satu cara untuk membedakan cairan ketuban dengan cairan vagina adalah dengan menggunakan kertas lakmus. Gunakanlah kertas lakmus berwarna merah. Apabilah yang keluar merupakan cairan ketuban maka kertas lakmus akan berubah menjadi warna biru. Hal ini dikarenakan karena kertas lakmus mempunyai sifat asam sedangkan air ketuban memiliki sifat basa. 

  1. Sering buang air kecil

Ketika bayi Anda sudah turun panggul, kepala bayi Anda akan memberi tekanan pada kandung kemih Anda, membuat Anda lebih sering buang air kecil.

  1. Rasa lapar

Ketika bayi Anda turun panggul, tekanan pada lambung Anda akan berkurang dan heartburn yang Anda alami juga akan berkurang. Hal ini dapat membuat Anda lebih mudah merasa lapar dan membuat Anda makan lebih banyak. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai heartburn selama kehamilan, klik disini.

  1. Kontraksi palsu

Tekanan kepala bayi pada serviks dapat menstimulasi serviks dan menyebabkan kontraksi palsu. Untuk mengetahui perbedaan antara kontraksi palsu dan kontraksi asli, klik disini.

Apa yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan kepala bayi?

Bila Anda merasa khawatir karena kepala bayi Anda tidak kunjung turun panggul, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu bayi Anda untuk turun panggul. Kuncinya adalah manfaatkanlah grafitasi dan buka panggulmu. Lakukanlah kegiatan seperti berjalan, squat (Anda dapat melakukannya dengan bantuan kursi, sofa, kasur, birthing ball atau bahkan pasangan Anda untuk menjaga Anda sehingga Anda tetap seimbang), naik turun tangga, goyang inul atau pelvic rocking, prenatal gentle yoga, dan lainnya. Anda juga dapat menggunakan bantuan birthing ball dan peanut ball untuk membuka panggul Anda. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai birthing ball, klik disini, dan klik disini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai peanut ball.

Knowledge is power~

Sumber:

  • https://www.healthline.com/health/pregnancy/baby-dropping#Progression-to-labor-
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/322456#what-it-feels-like
  • https://www.momjunction.com/articles/when-is-your-baby-likely-to-drop_00122073/#gref
  • https://www.verywellfamily.com/what-does-it-mean-when-your-baby-drops-2759074