4. Distress janin: ketika tiba saatnya melahirkan, yang terpenting adalah keselamatan ibu dan bayi. Jika bayi berada dalam kesulitan maka operasi sesar dapat menyelamatkan hidup. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, 9% dari kelahiran sesar pada tahun 2010 adalah karena gawat janin. Pemantauan detak jantung janin dapat menjadi bagian rutin dari prosedur VBAC, yang membantu mendeteksi gawat janin.

Apa kriteria yang harus dipenuhi untuk dipertimbangkan untuk bisa VBAC?

1. Tidak lebih dari 2 kali persalinan SC dengan sayatan transversal rendah

2. Tidak ada bekas luka rahim tambahan, anomali atau pecah rahim sebelumnya.

panduan-audio-hypnofertility-ads

3. Penyedia layanan kesehatan Anda harus siap untuk memonitor persalinan dan melakukan atau merujuk untuk SC jika diperlukan.

4. Lokasi kelahiran Anda harus memiliki tenaga/DSOG yang tersedia pada akhir pekan dan malam hari dalam kasus bedah caesar darurat jika diperlukan.

Kriteria apa yang lain yang membuat saya menjadi calon VBAC yang baik?

Jika alasan asli untuk kelahiran sesar tidak diulang dengan kehamilan ini. Artinya Anda tidak memiliki masalah medis utama:

1. Berat Badan Bayi dalam ukuran normal

2. Bayi dengan presentasi kepala

Dalam situasi apa VBAC tidak direkomendasikan?

1. Jika Anda sedang hamil dengan kembar

2. Jika Anda memiliki diabetes

3. Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi

Bagaimana Anda mempersiapkan untuk VBAC?

Jika Anda memilih VBAC, meningkatkan peluang Anda untuk pengalaman positif maka beberapa hal yang harus Anda lakukan antara lain:

1. Pelajari tentang VBAC. Ambil kelas persiapan melahirkan khusus untuk VBAC. Sertakan pasangan Anda atau orang lain /pendamping, jika mungkin. Bahas keprihatinan dan harapan Anda dengan penyedia layanan kesehatan Anda. Pastikan ia memiliki sejarah lengkap kesehatan Anda, termasuk catatan SC sebelumnya C-section dan prosedur atau intervensi lainnya.

2. Biarkan persalinan berlangsung sealami mungkin. Hindari induksi karena ini akan emningkatkan resiko pecahnya rahim

3. Upayakan fisik Anda selama kehamilan : Yoga, senam hamil. Tai chi, renang bisa menjadi pilihan untuk menyiapkan tubuh Anda sukses VBAC