Tembakau dalam rokok, penyakit hipertensi, dan diabetes sangat berhubungan dengan masalah dengan Wharton jelly. Jika kandungan Wharton jelly dalam tali pusat tidak memadai maka ini juga berhubungan dengan masalah dengan pertumbuhan bayi, seperti janin tumbuh lambat (IUGR).

Ada juga kondisi yang dapat menyebabkan kerusakan Wharton jelly. Salah satu contoh adalah preeklamsia, suatu kondisi yang ditandai dengan tekanan darah tinggi dan protein dalam urin. Dalam kasus preeklampsia susunan Wharton jelly telah terbukti berubah secara signifikan, dengan rasio Asam Lemak Bebas dan Kolesterol yang diubah yang dapat mengakibatkan “penuaan” awal dari lendir/jelly. Anda pernah mendengar dari Asam Lemak Esensial seperti Omega 3 dan Omega 9 -, ada banyak jenis asam lemak juga, dan mereka membuat wharton Jelly semakin sehat. Namun jika kekurangan zat tersebut maka rasio asam lemak dalam wharton jelly semakin kecil, Wharton jelly menjadi lebih tipis, lebih cair. Hal ini mengurangi padding pelindung di sekitar pembuluh darah dalam ralipusat. Setiap kali tali pusat menipis atau terganggu, maka pertumbuhan dan perkembangan bayi menjadi beresiko.

Wharton jelly inilah yang membuat aliran darah antara ibu dan bayi tetap terjaga dengan baik meskiput talipusat melilit dan lemingkari leher janin. Jadi tak perlu takut jika janin Anda terlilit tali pusat. Cukup jaga konsumsi makanan, hindari dari rokok, lalu lakukan relaksasi dan komunikasi dengan janin agar dapat melonggarkan bahkan melepaskan lilitan tersebut.

Sekitar 1% bayi lahir dengan simpul di tali pusat, tetapi hanya sekitar 2,7% dari 1% dari bayi meninggal saat melahirkan. Ini berarti bahwa hanya persentase yang sangat- sangat kecil, bayi berakhir mati sebagai akibat dari simpul dalam talipusatnya. Ingat bahwa di hampir semua kasus ada cukup Wharton jelly untuk melindungi pembuluh di dalam tali pusat

panduan-audio-hypnofertility-ads

Tubuh kita dirancang dengan indah untuk menciptakan dan menumbuhkan kehidupan baru. Plasenta dan tali pusat adalah suatu sistem yang mengagumkan, menjembatani kesenjangan antara tubuh ibu dan tubuh bayi.

Untuk mendukung kesehatan sistem plasenta Anda. Untuk memastikan tali pusar Anda dalam kondisi terbaik, berhenti (atau sangat mengurangi) penggunaan tembakau/rokok, mencegah diabetes (atau mengelolanya dengan baik, dalam kasus yang telah didiagnosis), dan mengambil tindakan pencegahan untuk menjaga tekanan darah Anda sehat Langkah-langkah ini akan membantu menjaga Anda dan bayi Anda sehat,. dan mendukung kesehatan plasenta dan tali pusat juga. Dengan tali pusat dan plasenta yang sehat maka, tubuh Anda akan siap untuk terus menjaga bayi Anda tumbuh sempurna, sampai bayi sepenuhnya dan benar-benar siap untuk dilahirkan.