Wharton jelly inilah yang membuat aliran darah antara ibu dan bayi tetap terjaga dengan baik meskiput talipusat melilit dan lemingkari leher janin. Jadi tak perlu takut jika janin Anda terlilit tali pusat. Cukup jaga konsumsi makanan, hindari dari rokok, lalu lakukan relaksasi dan komunikasi dengan janin agar dapat melonggarkan bahkan melepaskan lilitan tersebut.

Sekitar 1% bayi lahir dengan simpul di tali pusat, tetapi hanya sekitar 2,7% dari 1% dari bayi meninggal saat melahirkan. Ini berarti bahwa hanya persentase yang sangat- sangat kecil, bayi berakhir mati sebagai akibat dari simpul dalam talipusatnya. Ingat bahwa di hampir semua kasus ada cukup Wharton jelly untuk melindungi pembuluh di dalam tali pusat

Tubuh kita dirancang dengan indah untuk menciptakan dan menumbuhkan kehidupan baru. Plasenta dan tali pusat adalah suatu sistem yang mengagumkan, menjembatani kesenjangan antara tubuh ibu dan tubuh bayi.

Untuk mendukung kesehatan sistem plasenta Anda. Untuk memastikan tali pusar Anda dalam kondisi terbaik, berhenti (atau sangat mengurangi) penggunaan tembakau/rokok, mencegah diabetes (atau mengelolanya dengan baik, dalam kasus yang telah didiagnosis), dan mengambil tindakan pencegahan untuk menjaga tekanan darah Anda sehat Langkah-langkah ini akan membantu menjaga Anda dan bayi Anda sehat,. dan mendukung kesehatan plasenta dan tali pusat juga. Dengan tali pusat dan plasenta yang sehat maka, tubuh Anda akan siap untuk terus menjaga bayi Anda tumbuh sempurna, sampai bayi sepenuhnya dan benar-benar siap untuk dilahirkan.

Nah, ada hal yang menarik dalam Wharton Jelly, Wharton Jelly adalah jaringan, yang jelas lendir yang insulates dan melindungi arteri umbilikalis dan vena. Bila terkena suhu dingin di luar tubuh ibu, Wharton Jelly akan berubah strukturnya dam secara fisiolofin berubah fungsi menjadi padat dan menge- klem secara otomatis dalam waktu 5 sampai 30 menit setelah bayi dilahirkan. Dengan demikian, pengekleman tali pusat sebenarnya tidak diperlukan sama sekali! Wharton Jelly terdiri dari mucopolysaccharides (lemak), sel darah putih, dan sel batang

Wharton Jelly terdiri dari zat amorf yang mengandung glikosaminoglikan, proteoglikan dan, terutama, asam hyaluronic. ini juga berisi sel dengan karakteristik serupa yang otot polos dan yang memungkinkan fungsi kontraktil nya. Sel-sel ini merupakan jaringan interkoneksi kolagen yang membentuk canaliculi dan ruang perivaskular, yang memungkinkan aliran darah yang cukup untuk janin pada kasus kompresi tali pusat selama kehamilan atau persalinan.

Penjepitan dan pemotongan tali pusat kemudian tampaknya seperti sebuah proses yang sangat mengganggu kegiatan hormonal dan emosional yang terjadi di menit pertama setelah bayi lahir dan tampaknya tidak memiliki tujuan fisiologis. Jadi ada baiknya jangan ganggu bayi baru lahir dan talipusatnya di menit-menit pertama biarkan semua fungsi nya berlangsung dengan alami.

Semoga bermanfaat

Salam hangat