Oops, something went wrong.

Anda tentu saja pernah mendengar tentang birthing ball (untuk mengetahui lebih lanjut mengenai birthing ball, klik disini). Jika birthing ball adalah bola besar berbentuk bulat yang berfungsi untuk memperlancar persalinan, lalu apa itu peanut ball?

Peanut ball adalah bola yang biasanya digunakan untuk terapi atau olahraga, namun saat ini peanut ball juga digunakan saat persalinan. Bola ini mempunyai bahan seperti birthing ball dan berbentuk seperti kacang, sehingga Anda dapat menaruh kaki Anda di sekitarnya. Peanut ball sangat berguna bagi Anda yang diharuskan untuk tetap berbaring di tempat tidur saat melahirkan, baik karena kelelahan, adanya komplikasi, mendapatkan epidural, atau karena pilihan pribadi.

Sama seperti birthing ball, peanut ball juga mempunyai variasi ukuran dan tinggi badan Anda biasanya merupakan cara terbaik untuk memilih ukuran yang tepat bagi Anda.

  • Jika tinggi Anda adalah 160 cm kebawah, gunakanlah peanut ball berukuran 40 cm;
  • Jika tinggi Anda diantara 160 cm sampai 170 cm, gunakanlah peanut ball berukuran 50 cm;
  • Jika tinggi Anda lebih dari 170 cm, gunakanlah peanut ball berukuran 60 cm.

Peanut ball juga tersedia dalam ukuran 70cm, namun peanut ball jenis ini hanya dapat digunakan dalam posisi duduk. Sangatlah penting untuk memilih ukuran peanut ball yang tepat bagi Anda, karena peanut ball yang terlalu besar justru akan menekan persendian di panggul.

Apa kegunaan peanut ball dalam persalinan?

Seperti yang kita ketahui, tetap aktif dan berada di posisi tegak dapat membantu proses persalinan dan memfasilitasi si kecil untuk turun ke jalan lahir. Kita juga mengetahui bahwa berbaring terlentang dapat memperlambat proses persalinan karena Anda akan kehilangan gravitasi, dan kurangnya gerakan dari Anda tidak membantu bayi Anda untuk turun ke jalan lahir.

Lalu bagaimana jika Anda ingin atau butuh istirahat saat persalinan? Bagaimana jika Anda diharuskan untuk tetap berbaring di tempat tidur karena suatu alasan medis? Jika Anda mendapat epidural yangmana membuat Anda tidak dapat bergerak banyak dan berada dalam posisi tegak, apa yang dapat dilakukan untuk membantu proses persalinan Anda?