Tali pusar menghubungkan bayi Anda didalam rahim dengan Anda. Tali pusar terhubung dari plasenta ke perut bayi. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai plasenta, klik disini….Panjang rata-rata tali pusar adalah 50cm.

Seperti yang kita tau, tali pusar berfungsi untuk mengantarkan nutrisi dan oksigen dari plasenta ke aliran darah sang bayi. Beberapa orang tahu bahwa tali pusar memiliki tiga pembuluh darah, dan membiarkannya tetap utuh setelah bayi Anda lahir adalah ide yang bagus. Diluar dari itu, tidak banyak orang yang tau betapa menakjubkannya tali pusar itu. Berikut ini adalah beberapa fakta menarik mengenai tali pusar.

  1. Ikatan dan lilitan dapat terjadi

Ketika bayi Anda sudah cukup besar untuk bergerak, mereka seringkali bermain dengan tali pusarnya di dalam kandungan. Sekitar 35% bayi terlahir dengan lilitan tali pusat, dan hanya 1% dari tali pusar tersebut benar benar terikat.

Selama tali pusar bayi Anda sehat dan terhubung, lilitan dan ikatan biasanya tidak mempengaruhi fungsi dari talu pusar. Hal ini terjadi karena tali pusar dipenuhi dengan cairan berlendir bernama Wharton’s Jelly, yang mana melindungi pembuluh darah dalam tali pusar dari terhalangnya aliran darah akibat lilitan.

  1. Tali pusar akan berhenti berfungsi saat diperlukan

Ketika bayi Anda lahir, mereka datang dari lingkungan yang hangat dan nyaman. Ketika tali pusar keluar dari tubuh Anda dan terpapar udara yang lebih dingin, Wharton”s Jellyakan mengeras dan menyusut. Pembuluh darah didalam tali pusar akan ditutup, dengan alami menjepit tali pusar. 

  1. Jaringan tali pusar mempunyai banyak potensi

Jaringan tali pusar mempunyai stem sel yang mempunyai kemampuan untuk regenerasi dan berubah menjadi jenis sel yang lain, seperti tulang rawan, tulang, lemak, dan otot. Artinya jaringan tali pusar mempunyai potensi untuk mengobati berbagai masalah kesehatan. Bahkan saat ini, para peneliti sedang mencari tau cara untuk mengobati stroke, rheumatoid arthritis, penyakit Parkinsin, asma, dan cerebral palsy menggunakan jaringan tali pusar. 

  1. Pengantar nutrisi

Di trimester terakhir, bayi Anda menerima setengah liter darah dari Anda setiap menitnya melalui tali pusar. Darah Anda tidak bercampur dengan darah bayi Anda. Pertukaran nutrisi, oksigen, dan kotoran terjadi di plasenta. Tali pusar normalnya mempunyai 2 arteri, sayng satu membawa darah yang mengandung kotoran dari bayi Anda ke plasenta, dan yang satunya lagi mengantarkan oksigen dan nutrisi ke bayi Anda. 

  1. Pentingnya menjaga kesehatan tali pusar

Tali pusar sangatlah penting untuk memastikan bahwa bayi Anda menerima nutrisi yang ia perlukan untuk tumbuh dan bertahan hidup. Masalah kesehatan dan kurangnya nutrisi dapat mempengaruhi perkembangan plasenta dan tali pusar. Selain itu, nutrisi yang buruk, obesitas, rokok, paparan zat kimia dan rokok juga dapat mempengaruhi perkembangan plasenta dan tali pusar. 

  1. Panjang tali pusar bervariasi

Panjang tali pusar sangat bervariasi, namun panjang rata rata biasanya berkisar antara 45 – 60 cm. Para peneliti masih belum tau apa yang mempengaruhi panjangnya tali pusar, namun tali pusar akan menyampai panjang maksimalnya di umur kehamilan 28 minggu. Tali pusar yang pendek terjadi di sekita 6% kehamilan, dan biasanya dihubungkan dengan meningkatnya resiko retensi plasenta (kondisi dimana plasenta sulit lepas dari dinding rahim, atau sering disebut dengan plasenta lengket) dan operasi sesar.