Memandikan bayi, apalagi di minggu-minggu pertama alias baru lahir bisa menjadi satu hal yang merisaukan, karena itu tidak jarang pasangan muda memilih untuk mendatangkan perawat untuk memandikan bayi mereka atau dengan orang tua mereka.

Berikut ini langkah demi langkah untuk memandikan bayi:

Sebelum memandikan bayi kita harus mempersiapkan segala keperluan/perlengkapannya terlebih dahulu, yaitu:

1· Bak mandi bayi

2· Waslap lembut

3· Sabun dan sampo bayi

4· Handuk kering

5· Baby oil, minyak telon, bedak

6· Pakaian bayi (termasuk popok sarung tangan dan kaki)

7· Selama tali pusar belum putus kita juga harus menyiapkan perban, alcohol 70%, dan kapas.

1. Tuangkan air dingin ke dalam bak mandi, kemudian tambahkan air panas secukupnya sampai mencapai suhu 40 derajat Celsius untuk bayi berumur sampai 2 bulan, lalu berangsur turunkan suhu sampai 27 derajat Celsius untuk bayi di atas 2 bulan. Isilah bak mandi dengan air setinggi kira-kira 7,5 cm dari dasar bak.

2. Untuk bayi yang baru lahir, bersihkan terlebih dahulu kedua matanya dengan kapas yang telah direndam air matang. Bersihkan mata bayi dari ujung mata ke arah hidung, Gunakan kapas yang berbeda untuk masing-masing mata.

3. Bersihkan pula lubang hidung si kecil secara perlahan-lahan dengan cotton buds yang telah terlebih dahulu dicelupkan ke dalam air bersih. Gantilah kapas untuk masing-masing lubang hidung. Hati-hati, jangan memasukkan cotton buds terlalu dalam.

4. Kemudian bersihkan juga daun telinga si kecil dengan cotton buds yang telah diberi baby oil. Jangan masukkan cotton buds ke dalam lubang telinga, bersihkan bagian luar telinganya saja

5. Lalu bersihkan lidah dan mulut bayi dengan waslap yang lembut dan dibasahi dengan air matang.

6. Sebelum membersihkan tubuhnya, bukalah baju bayi secara bertahap. Mula-mula bukalah baju bagian atas, baru kemudian popok atau celana bayi

7. Bersihkan alat kelamin dan pantat bayi dengan kapas bulat yang sudah dibasahi air. Bersihkan setiap lipatannya.