Hamil anak kembar dapat menjadi suatu anugerah yang luar biasa. Namun tentunya, seiringan dengan sukacita yang datang ada juga jutaan pertanyaan mengenai kehamilan Anda yang satu ini karena tentunya hamil anak kembar sangatlah berbeda dengan hamil dengan satu anak dan juga tentunya membawa banyak tantangan tersendiri . Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai hamil anak kembar.

 

Makan untuk tiga orang?

 Anda mungkin berfikir bahwa hamil anak kembar berarti Anda dapat mengkonsumsi makanan untuk tiga orang. Namun, sayangnya hal ini tidaklah benar. Entah Anda sedang mengandung satu bayi (atau istilah kerennya “singleton”) atau mengandung bayi kembar, jumlah berat badan yang harus Anda naikkan sangat tergantung dengan BMI (body mass index) Anda sebelum Anda hamil. Jika BMI Anda berada di kisaran 18,5 sampai 24,9 maka kenaikan berat badan yang direkomendasikan ketika Anda mengandung satu bayi adalah diantara 11,5 sampai 16 kg. Dan walaupun tidak ada panduan khusus mengenai hal ini bagi kehamilan anak kembar, rata rata kenaikan berat badan yang direkomendasikan adalah sekitar 13 sampai 22,6 kg.

Menaikkan berat badan yang cukup memang penting, namun hal ini berarti Anda hanya membutuhkan 200 sampai 400 kalori tambahan setiap harinya (dibanding 150 sampai 250 kalori jika Anda mengandung satu bayi), tambahan kalori ini setara dengan semangkuk yogurt dan beberapa buah buahan setiap harinya.

Berikut ini adalah panduan kenaikan berat badan untuk kehamilan dengan satu bayi:

  • BMI < 18,5 kg/m² = 12,5 – 18 kg
  • BMI 18,5 – 24,9 kg/m² = 11,5 – 16 kg
  • BMI 25 – 29,9 kg/m² = 7 – 11,5 kg
  • BMI > 30 kg/m² = 5 – 9 kg

Catatan: cara menghitung BMI adalah berat badan / (tinggi badan)²

nah coba silahkan mulai hitung BMI Anda.

Berolahraga? Memungkinkankah? 

Ketika Anda mengandung satu bayi, mungkin Anda tidak akan kesusahan untuk bergerak sampai umur kehamilan Anda menginjak di trimester 3, namun jika Anda sedang mengandung bayi kembar, mungkin kegiatan sesederhana membungkukkan badan atau beranjak dari sofa akan menjadi sangat sulit di trimester 2.