Walaupun Anda merasa bahagia dengan adanya manusia kecil yang sedang tumbuh di dalam Anda, tidak dapat dipungkiri bahwa kehamilan juga mempunyai efek samping yang terkadang membuat Anda merasa tidak nyaman. Salah satunya adalah heartburn. Heartburn adalah salah satu masalah yang seringkali dialami oleh ibu hamil. Walaupun tidak ada hubungannya dengan jantung, tapi heartburn adalah sensasi terbakar yang biasanya dirasakan di area dada, dimana jantung berada. 

Apa penyebabnya

Pada umumnya, heartburn akan terjadi ketika katup diantara lambung dan esofagus tidak berfungsi dengan baik sehingga asam lambung naik hingga esofagus dan mengiritasi lapisan esofagus yang sensitif. Di awal kehamilan, tubuh Anda akan memproduksi hormon progesteron dan relaxin dalam jumlah yang besar yang akan merilekskan jaringan-jaringan otot yang ada di seluruh tubuh Anda, termasuk otot pencernaan Anda dan katup diantara lambung dengan esofagus yang telah dibahas sebelumnya. Efeknya, makanan akan diproses labih lambat dari biasanya, menyebabkan masalah perncernaan dari sembelit, kembung, hingga heartburn.

Heartburn juga umum terjadi pada trimester ketiga karena rahim yang membesar memberi tekanan pada lambung dan usus Anda dan tekanan tersebut terkadang juga akan mendorong isi perut atau asam lambung kembali ke esofagus.

Bagaimana cara mencegahnya?

  • Makan dalam porsi kecil

Jika Anda juga mengalami morning sickness, mungkin Anda sudah terbiasa untuk makan sedikit demi sedikit Tetapi, jika nafsu makan Anda sehat, pastikan untuk tidak makan dalam porsi yang terlalu besar sampai Anda merasa kenyang.

Sama seperti saat Anda tidak sedang hamil, perut yang terlalu penuh dapat menyebabkan heartburn. Maka dari itu, bagilah porsi makan Anda yang awalnya 3 kali sehari dalam porsi besar menjadi 5 sampai 6 kali sehari dalam porsi yang lebih kecil. Selain untuk mencegah heartburn, pola makan seperti ini juga dapat mengatasi masalah-masalah pencernaan yang seringkali dialami ibu hamil mulai dari sembelit, perut kembung, samapi terlalu cepat lelah.

  • Menghindari makanan pemicu heartburn

Beberapa makanan yang diketahui dapat memicu terjadinya heartburn antara lain adalah makanan pedas, gorengan atau makanan berlemak, daging olahan, cokelat, inuman berkafein, soda, mint, dan buah buahan asam seperti jeruk-jerukan. Namun, ingatlah bahwa setiap ibu hamil itu unik, apa yang dapat memicu heartburn pada orang lain mungkin tidak dapat memicu heartburn bagi Anda, dan begitu juga sebaliknya.