“Kalau lagi hamil itu ya harus rajin jalan pagi!”

Hayo…siapa yang seringkali mendengar kalimat ini? Pasti sebagian besar ibu ibu seringkali mendengar himbauan untuk jalan pagi selama masa kehamilan. Betul kan?

Kenapa harus jalan, dana pa sebenarnya manfaatnya?

 

Berjalan adalah satu latihan yang cocok untuk wanita hamil dari semua tingkat kebugaran tubuh yang berbeda. Seperti yang kita tau dan sadari Bersama, ditengan kesibukan rutinitas dijaman melineal ini, jarang sekali orang berolahraga. Untuk menyempatkan diri datang ke fitness centre atau kelas yoga, terkadang tidak sempat.

Padahal ketika Anda ingin berhasil melahirkan lancar dan nyaman, otomatis tubuh harus fit dan dipersiapkan dengan sebaik baiknya. Salah satunya ya dengan olah raga.

 

Nah, berjalan adalah olahraga yang sangat sederhana. Dan bisa dilakukan kapan saja.

Selain itu, ini adalah olahraga yang sangat irit. Karena modal Anda hanya sepatu olahraga (yang pasti Anda sudah punya) dan air minum. Bahkan olahraga ini bisa Anda lakukan dimana saja dan kapan saja.

 

Tujuan dari olahraga berjalan adalah mengoptimalkan kesehatan bayi Anda. Sehingga saat melakukan olahraga ini, coba perhatikan bagaimana perasaan Anda, dan pantau intensitas dan durasi latihan Anda.

 

Olahraga berjalan bisa dimulai pada trimester pertama. Namun,  lagi lagi karena Anda dalam kondisi hamil dimana banyak sekali perubahan hormonal, fisik maupun psikis, jadi usahakan untuk “tidak memaksakan diri” dan pastikan Anda dalam kondisi sehat atau tidak ada indikasi untuk harus bedrest karena satu dan lain hal.

 

Sebenarnya apa sih manfaat olahraga BERJALAN ini?

 

  1. Kebugaran Fisik:

Berjalan di masa kehamilan membuat Anda sehat secara fisik dan aktif. Ini adalah rutinitas latihan tubuh yang lengkap, yang meningkatkan kesehatan jantung dan otot Anda.

 

  1. Bayi Sehat:

Berjalan adalah aktivitas aerobik berdampak rendah yang membakar kalori tanpa menyebabkan ketegangan berlebihan pada tubuh. Dengan rutin olahraga Berjalan akan menjaga berat badan Anda dan bayi Anda terkendali. Ini akan membantu mencapai berat badan bayi yang sehat, sehingga membuat proses persalinan menjadi mudah dan alami.